Warga Sudu Antusias Hadapi Penilaian Lomba Aksi Sehat

BOJONEGORO – Tim Juri Lomba Aksi Sehat mengunjungi satu per satu rumah anggota KRT Pisah, pada Senin (7/3/2016).

Kunjungan tersebut dalam rangka penilaian Lomba Aksi Sehat dalam Program Akses Sanitasi Bersama Masyarakat. Ada empat jenis lomba dalam kegiatan tersebut, yakni Rumah Sehat, Lingkungan Sehat, Kreatifitas Olah Sampah, dan KRT Pisah.

Tim juri yang terdiri dari IDFoS, Badan Lingkungan Hidup (BLH), Dinas Kesehatan (Dinkes), serta Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP), melakukan penilaian untuk masing-masing kategori perlombaan.

Untuk lomba Rumah Sehat di Desa Sudu, tim juri mengunjungi rumah 25 anggota KRT Pisah sesuai dengan rekomendasi kelompok.

“Untuk Rumah Sehat, KRT Pisah bebas menentukan rumah anggotanya yang akan diikutkan lomba. Di Sudu ada 25 rumah,”ujar pendamping kesehatan masyarakat Desa Sudu, Kecamatan Gayam, Saiis Sulithoh.

Sebelum penilaian dilakukan, tim juri yang terdiri dari berbagai stakeholder dibagi menjadi dua kelompok. Satu kelompok terdiri dari masing-masing stakeholder, seperti IDFoS, Dinkes, DKP, dan BLH. Dua kelompok tersebut menyebar untuk menilai rumah-rumah peserta.

Penilaian di Desa Sudu dimulai dari rumah Ketua KRT Pisah Desa Sudu, tepatnya di RT 1 RW 1. Tim penilai memasuki rumah warga dan melihat dalam rumah.

Yang menjadi fokus penilaian adalah ventilasi rumah, kamar tidur, kamar mandi, dapur, pembuangan sampah, saluran pembuangan air, pemanfaatan lahan untuk tanaman keluarga dll.

Warga antusias menyamput penilaian tersebut. Bahkan, anggota kelompok rumah tangga pilah sampah Desa Sudu telah menghias kantor sekretariat KRT Pisah mereka dengan beberapa hiasan dari bahan bekas, yang sengaja dilakukan untuk mencuri poin dari tim juri.

“Organisasi KRT Pisah juga ikut dilombakan, bagaimana program kerja mereka, kepengurusan juga ikut dinilai untuk kategori KRT,” ungkap Indah TW, pendamping masyarakat KRT Sudu.

Di akhir penilaian tim juri mendapat kenang-kenangan dari KRT Pisah Sudu berupa setangkai bunga dari bahan bekas, yang juga hasil kerajinan KRT Sudu yang diikutkan dalam lomba.

Pada Lomba Aksi Sehat ini KRT Desa Sudu berkompetisi dengan tiga desa lokasi program Aksi Sehat lainnya, yakni Mojodelik, Gayam, dan Ngraho. (wid/yok)

 

Sebarkan...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

IDFoS Indonesia © 2016 Frontier Theme
%d blogger menyukai ini: