Warga Inginkan Pengelolaan Sampah Terus Lanjut

BOJONEGORO – Melalui rembug warga perkembangan kegiatan, kelompok olah sampah Dalem Mandiri Sejahtera atau Mpok Damira, banyak menjaring berbagai masukan dari masyarakat.

Rembug warga Perkembangan Kegiatan Mpok DamiraSalah satunya adalah tentang pengelolaan sampah yang terus diinginkan berlanjut oleh masyarakat Desa Ngumpakdalem, Kecamatan Dander.

Rembug warga diselenggarakan pada Jumat (20/5/2016) di Balai Desa Ngumpakdalem dan diikuti oleh seluruh pengurus Mpok Damira. Yakni, Ketua, Sekretaris, Bendahara dan bagian produksi.

Selain itu acara tersebut juga dihadiri oleh pemerintah desa Ngumpakdalem, tokoh masyarakat, warga, dan kader pilah sampah di tiap RT di Desa Ngumpakdalem.

Dalam rembug warga, melalui slide show, disampaikan kegiatan yang telah dijalankan oleh Mpok Damira selama satu tahun terakhir. Antara lain, melakukan pengambilan sampah dari rumah warga, memproses sampah yang telah diambil, mendaur ulang bahan bahan plastik untuk menjadi bijih plastik, dan mengolah sampah organik untuk menjadi pupuk cair.

Keberadaan kelompok olah sampah ini sangat membantu warga, terutama karena kegiatan pengambilan sampah dari warga dengan sistem menabung sampah. Hal itu lah yang menjadi masukan dari warga agar terus memperpanjang kegiatan pengelolaan sampah tersebut.

Sayangnya, hal itu kurang diimbangi dengan kesadaran warga melakukan pemilahan sampah. ”Yang  terlihat, saat pengambilan masih banyak warga yang diketahui mencampur sampahnya,” ujar Manajer Program Oersampahan untuk Ekonomi Alternatif, Ainun Naim, MR.

Selain menginginkan memperpanjang kegiatan pengelolaan sampah, warga juga menginginkan pola hidup bersih dan sehat terus disosialisasikan kepada siswa Sekolah Dasar dan warga Ngumpakdalem. (iwd/yok)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

IDFoS Indonesia © 2016 Frontier Theme
%d blogger menyukai ini: