Tim Penilai Forum Kabupaten Sehat Nasional Kunjungi DAMIRA

Tim penilai Forum Kabupaten sehat Nasional mengunjungi Kelompok Usaha Sampah Dalem Mandiri Sejahtera (DAMIRA) yang berlokasi di KUD Ds. Ngumpakdalem Kec. Dander pada Rabu, 26 Agustus 2015 siang tadi. Rombongan tim penilai yang terdiri dari tim FKS kabupaten termasuk kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bojonegoro Sunhadi tiba di lokasi didampingi oleh Kepala Desa Ngumpakdalem A. Burhani.

IMG_20150826_122835

Bambang (tengah) selaku Ketua Tim Penilai Nasional Kabupaten/Kota sehat Saat melakukan Verifikasi Ke Damira (Dalem Mandiri Sejahtera)

Kunjungan yang bertujuan untuk menilai Damira dalam lomba Forum Kabupaten Sehat tersebut  rencananya difokuskan di tiga tempat yakni Pokja Desa, tempat pengolahan sampah dan lingkungan RT. 9. Penilaian tersebut melihat beberapa aspek antara lain seperti tempat pemrosesan akhir sampah yang tidak mencemari lingkungan, lama pengumpulan sampah di TPS, pengolahan sampah organik menjadi pupuk cair dan sampah non organik dipilah sesuai jenis sampahnya. Adapun variabel penilaiannya meliputi penanganan sampah meliputi kegiatan pemilahan, pengumpulan, pengangkutan, pengolahan dan pemrosesan akhir, variabel penilaian kedua meliputi implementasi pengolahan sampah dengan prinsip 3R (Recycle/Daur ulang, Reduce/Pengurangan, Reuse/ Penggunaan kembali) dan Variabel penialaian ketiga Tempat pemrosesan akhir sampah dan tidak mencemari lingkungan.

Disela-sela kunjungan tersebut, Kepala Desa Ngumpakdalem menjelaskan bahwa kelompok usaha olah sampah ini merupakan program percontohan, ke depannya akan dikembangkan lagi ke wilayah dusun yang lain di Ngumpakdalem.

Sebarkan...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

IDFoS Indonesia © 2016 Frontier Theme
%d blogger menyukai ini: