Tiga Puskesmas di Tuban Kordinasi Terkait CC

BOJONEGORO – Di penghujung tahun (31/12/2015) lalu, Institute Development of Society (IDFoS) mendapat kunjungan tiga Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) di Kabupaten Tuban. Tiga puskesmas tersebut dari Kecamatan Soko, Jenu, dan Ponco, masuk Kecamatan Parengan.

Kunjungan tersebut dalam rangka koordinasi dan konsultasi terkait implementasi Maklumat Pelayanan atau Citizen Charter (CC) yang rencananya akan diterapkan di PKM masing masing.

Rombongan tiga PKM tiba di kantor IDFoS pada pukul 11.10 WIB. Rombongan diterima oleh bendahara IDFoS, Joko H. Purnomo, dengan didampingi oleh Koordinator Program Citizen Charter, Ainun Naim MR.

Kunjungan tiga puskesmas itu dalam rangka koordinasi terkait CC yang akan diimplementasikan di Puskesmas Jenu dan Ponco, mengikuti jejak Puskesmas Soko yang lebih dulu mengimplementasikan CC, dengan tujuan meningkatkan pelayanan di PKM Soko.

Kepala Puskesmas Ponco Drg. Roikan mengutarakan ketertarikannya untuk menerapkan CC di PKM Ponco, untuk lebih meningkatkan pelayanan di puskesmas dengan pendekatan yang berbeda.

“Selama ini sistem yang ada di puskesmas ya itu itu saja, begitu saja. Sebenarnya saya sudah lama ingin mengontak IDFoS terkait CC ini seperti yang telah diaplikasikan di Soko. Karena saya pikir menarik pendekatan pelayanan yang ikut melibatkan masyarakat. Saat ini di PKM Ponco sudah dibentuk forum peduli kesehatan yang bisa disinkronkan dalam CC ini,”ungkapnya.

Joko H. Purnomo merespons baik kerja sama ini. Untuk lebih menguatkan kerja sama, harapannya perlu dilakukan penandatanganan MoU antara PKM dengan IDFoS terlebih dulu. (iwd/yok)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

IDFoS Indonesia © 2016 Frontier Theme
%d blogger menyukai ini: