SID Desa Mojodelik Dilaunching

BOJONEGORO – Desa Mojodelik, Kecamatan Gayam menjadi desa kedua yang selesai melakukan penyusunan pengembangan Sistem Informasi Desa (SID).

Pada Selasa (15/3/2016), Pemerintah Desa Mojodelik, yang diwakili oleh tim desa didampingi oleh LSM Mitra dan difasilitasi INSIST Yogyakarta, menggelar launching Sistem Informasi Desa di balai desa setempat.

Acara tersebut diikuti oleh masyarakat Desa Mojodelik dari berbagai unsur. Seperti perangkat desa, BPD, LPMD, dan unsur perempuan.

Namun, dalam pertemuan tersebut, jumlah peserta lebih didominasi oleh unsur perempuan. Sebab, selain launching kegiatan pada pagi hingga siang tersebut berbarengan dengan acara dasa wisma.

Acara dibuka dengan sambutan dari Kepala Desa Mojodelik, Yuntik Rahayu. Dilanjutkan dengan presentasi tahapan-tahapan yang telah dilalui dalam penyusunan SID di Desa Mojodelik.

Meliputi musyarah sosialisasi tingkat desa, tingkat dusun hingga tingkat RT. Kemudian, dilanjutkan dengan pemasangan kode ID rumah warga, penitikan dengan GPS, digitasi dan lain-lain. Penyampaian rangkaian tahapan tersebut disampakan oleh anggota tim desa.

Setelah presentasi kegiatan dalam penyusunan SID, dilanjutkan dengan pemaparan hasil analisa dari data data yang telah terkumpul. Harapannya, dari hasil analisis itu bisa menjadi rekomendasi untuk penyusunan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa (RPJMDes).

Dalam program pengembangan Sistem Informasi Desa yang merupakan salah satu bentuk penguatan bagi LSM Mitra EMCL, Desa Mojodelik merupakan satu dari empat desa yang menjadi pilot project dalam pengembangan SID di Bojonegoro dan Tuban.

Tiga desa lainnya adalah Desa Ngujung, Kecamatan Temayang; Sedah Kidul, Kecamatan Purwosari; dan Sidodadi, Kecamatan Bangilan, Tuban. Mojodelik sendiri berada di Desa Cluster 1 yang didampingi oleh 6 LSM Mitra. Antara lain Tropis, KBSR, Pijar, Paratazkia, LIMA2B dan Gemati. (iwd/yok)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

IDFoS Indonesia © 2016 Frontier Theme
%d blogger menyukai ini: