SD Negeri Ngumpakdalem 1 ikut Memilah Sampah

Hal tersebut ditandai dengan disepakatinya Nota Kesepahaman antara SDN Ngumpak dalem 1 dengan Kelompok usaha sampah Dalem Mandiri Sejahtera, yang dilakukan Kamis, 13 Agustus 2015. Dalam kesepakatan tersebut pihak sekolah yang diwakili oleh kepala Sekolah SDN 1 Ngumpak Dalem Ibu Poeji Lestari  menyampaikan bahwa sekolah sangat menginginkan program seperti ini.

“sebenarnya pihak sekolah sudah mulai mengumpulkan sampah namun belum ada tindak lanjut pengelolaannya jadinya sampah tersebut hanya dibakar, dengan adanya kerja sama dengan DMS ini kami sangat senang dan ini yang ditungu –tunggu”ucapnya. Beliau juga menyampaikan bahwa pihak sekolah sebelumnya sudah menjalin kerja sama dengan Dinas kebersihan dan pertamanan namun tidak ada tindak lanjut hingga sekarang.

Dengan adanya kerja sama ini pihak sekolah akan memulai untuk mengajak siswa – siswinya untuk memilah sampah, sampah tersebut nantinya akan diambil oleh petugas dari DMS setiap hari rabu dan sabtu. Pihak sekolah juga akan mendapatkan 6 tempat sampah yang bisa digunakan untuk memilah. Selain itu sampah – sampah layak jual dari sekolah nanti akan ditukar dengan tabungan yang bisa diambil setiap 6 bulan sekali atau secara otomatis SDN Ngumpak dalem 1 menjadi anggota koperasi sampah DMS.

Nota Kesepahaman dengan sekolah tersebut merupakan salah satu upaya untuk menggalakkan pola hidup bersih dan sehat dengan memilah sampah program persampahan untuk ekonomi alternative yang salah satu indikatornya yaitu adanya sekolah yang berkomitmen untuk memilah sampah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

IDFoS Indonesia © 2016 Frontier Theme
%d bloggers like this: