Pentingnya Riset Knowledge Management

Manajemen Pengetahuan IDFoSBOJONEGORO – Pengetahuan adalah bagian penting dari sumber daya manusia dalam sebuah organisasi. Dapat diasumsikan bahwa modal manusia dalam sebuah organisasi adalah unsur modal intelektual.

Manajemen Pengetahuan (knowledge management) didefinisikan sebagai ‘setiap proses atau praktek membuat, memperoleh, menangkap, berbagi dan menggunakan pengetahuan, di mana pun berada, untuk meningkatkan pembelajaran dan kinerja dalam organisasi.

Satu syarat utama untuk Manajemen Pengetahuan adalah mengintegrasikan hubungan antara praktek manajemen orang-orang dan kinerja organisasi yang dikelola secara profesional. Organisasi harus memantau bagaimana memberikan kontribusi dalam kreasi nilai nyata dalam bentuk output berbasis pengetahuan. Misalnya, dalam organisasi jasa profesional, pengetahuan yang dikuasai staf mereka merupakan kunci pengembangan modal intelektual.

Upaya untuk memetakan dan melakukan pengelolaan pengetahuan dalam organisasi itulah yang sedang digagas oleh Manajemen IDFoS Indonesia melalui Divisi Riset dan Teknologi.

Menurut Koordinator Divisi Riset dan Teknologi, Sunariyo, dalam beberapa waktu ke depan divisinya sedang mempersiapkan untuk melakukan pemetaan terhadap pengetahuan dan kemampuan bagi masing masing anggota IDFoS. Hal tersebut dibahas bersama dalam rapat internal divisi pada Jumat (17/6/2016) di lantai 2 kantor IDFoS Indonesia.

Dalam riset Manajemen Pengetahuan, nantinya masing-masing personel akan dilakukan serangkaian test untuk mengetahui pengetahuan, potensi, minat, serta kemampuan yang nantinya akan menjadi akumulasi pengetahuan yang dimiliki oleh organisasi, yang dapat dimaksimalkan untuk menunjang kemajuan organisasi sendiri. (iwd/yok)

Sebarkan...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

IDFoS Indonesia © 2016 Frontier Theme
%d blogger menyukai ini: