Pentingnya Data untuk Perencanaan Pembangunan

BOJONEGORO – Launching dan Seminar Sistem Informasi Desa (SID) dengan tema “Membangun dan Malayani dengan Data” beberapa waktu lalu menunjukkan betapa pentingnya data yang ada di desa.

Hal tersebut disampaikan Bupati Bojonegoro Suyoto dalam sambutannya. Kang Yoto menekankan pentingnya data yang valid dan ter-update di desa untuk menunjang pembangunan di Bojonegoro.

“Dengan adanya data yang valid, Sumber Daya Alam bisa digunakan secara efektif. Kalau datanya tidak jelas, itu tidak efisien. Lewat SID di desa itulah proses pelayanan di desa, pelaporan desa bisa terselenggara dengan cepat dan tepat, tidak menimbulkan masalah,” ujarnya.

Hal tersebut juga diamini oleh Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi yang diwakili oleh Dirjen Pengembangan Kapasitas Eko Sro Haryanto, MM.

“Data ibarat darah. Jika darah mengangkut racun, artinya data itu tidak jujur. Pasti dalam perencanaan akan kacau. Itu artinya dibutuhkan sekali dalam pengambilan keputusan. Kalau kurang, tidak bisa diputuskan dengan baik. Tujuannya lebih mudah untuk kita dalam pembangunan. Yang bisa menyelesaikan keputusan adalah data. Sehingga data harus jujur,” katanya.

Dia menambahkan, keberadaan data perlu dilakukan cek dan pengisian sesuai dengan durasinya. “Kita tidak bisa menganalisis jika data tidak terupdate. Dari data data yang terkumpul, kita bisa membuat sebuah keputusan. Nah bagaimana jika datanya tidak terupdate, maka keputusan yang diambil akan salah,”paparnya. (iwd/yok)

Sebarkan...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

IDFoS Indonesia © 2016 Frontier Theme
%d blogger menyukai ini: