Penimbangan di Gayam Hasilkan 100 Kg Sampah

BOJONEGORO – Kelompok Rumah Tangga Pilah Sampah (KRT Pisah) Desa/Kecamatan Gayam melakukan penimbangan sampah pada Senin (29/2/2016). Penimbangan dilakukan di dua titik, di Dusun Dabung dan Dusun Sumurpandan.

Dimulai pukul 13.00 WIB, penimbangan ini merupakan yang pertama dilakukan. Dalam penimbangan pertama tersebut, jumlah sampah yang dihasilkan dari KRT Pisah Gayam mencapai 100 kg lebih.

Penimbangan dilakukan oleh pengurus KRT Pisah, didampingi oleh pendamping masyarakat dan pendamping kesehatan masyarakat dari IDFoS Indonesia.

Dari penimbangan pertama, sampah yang terkumpul mencapai 100 kg lebih. Terdiri dari berbagai jenis, seperti sampah plastik keras (bak dan atom), plastik lunak (gelas aqua, botol), duplek, dan kertas.

“setelah diberi informasi terkait penimbangan ini, anggota KRT ini berdatangan membawa sampah sampah mereka untuk ditimbang” ungkap Ananto Widhi pendamping masyarakat program Aksi Sehat di desa Gayam

Penimbangan pertama di Desa Gayam akan dilanjutkan pada Rabu (2/3/2016), karena belum semua sampah warga ditimbang.

“Karena banyaknya jumlah sampah, penimbangan tidak selesai sehari. Mengingat waktu juga sudah sore, namun masih banyak yang belum ditimbang. Jadi, akan dilanjutkan lagi pada Rabu lusa,” ungkap Ananto Widhi, pendamping masyarakat, di rumah salah seorang KRT Pisah Gayam.

Setelah ditimbang, sampah-sampah tersebut akan diangkut untuk dibawa ke tempat pengolahan sampah Dalem Mandiri Sejahtera (Damira) di Desa Ngumpakdalem, Kecamatan Dander untuk dilakukan pengolahan.

Selain Gayam, dua desa lokasi Program Aksi Sehat lainnya adalah Desa Ngraho dan Sudu, Kecamatan Gayam. Kedua desa ini juga telah melakukan penimbangan sampah, yang selanjutnya dibawa ke Damira. “Masih ada satu desa yang belum memulai penimbangan sampah, yakni Desa Mojodelik,” tambah Saiis Sulithoh, pendamping kesehatan masyarakat. (iwd/yok)

Sebarkan...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

IDFoS Indonesia © 2016 Frontier Theme
%d blogger menyukai ini: