Patra Daya: Pembangunan 100 Persen

BOJONEGORO – Program Aksi Kemitraan untuk Pemberdayaan Masyarakat (Patra Daya) 2015 dalam tahap pembangunan. Dalam program tersebut, Institute Development of Society (IDFoS) Indonesia mendampingi enam desa lokasi program.

Yakni, Beged, Sudu, dan Ngraho (Kecamatan Gayam, Bojonegoro), Sukoharjo (Kalitidu), serta Mentoro (Soko, Tuban), dan Karangagung (Palang, Tuban). Saat ini progres pembangunan fisik di enam desa telah mencapai 100 persen. ”Hingga pertengahan Februari ini, pembangunan telah selesai 100 persen,” kata pendamping teknik, Rizal Zubad F.

Dia menjelaskan, enam desa di atas telah selesai melakuan pembangunan. Untuk Desa Beged, melakukan pembangunan jalan paving dengan volume di lokasi I panjang 206,5 meter (m) dan lebar 2,5 m. Lokasi II, dengan volume pengerjaan total, panjang 104,5 m dan lebar 1,8 m.

Pemasangan penerangan jalan umum di jalan poros desa

Pemasangan penerangan jalan umum di jalan poros desa

Desa Ngraho, dengan pengerjaan penerangan jalan umum di 32 titik dari Dusun Bulu sampai Ngraho dan jalan paving dengan panjang 250 m dan lebar 3,5 m.

Sukoharjo, dengan jenis bangunan tiga jembatan dan empat titik jalan. Dengan ukuran, jalan I 1,4 x 60 m, jalan II 1,5 x 60,5 m, jalan III 5 x 60 m, dan jalan IV 1 x 29 m.

Desa Sudu, dengan jenis bangunan normalisasi sungai 1.700 m. Desa Karangagung, pembangunan pos penjagaan tambat labuh dengan volume panjang 5 m dan lebar 2,5 m. Serta, pengadaan tempat sampah sejumlah 289 buah.

Sedangkan Desa Mentoro, melanjutkan pembangunan gedung PAUD dengan volume panjang 16,65 m dan lebar 6,10 m serta pengadaan alat peraga edukatif.

Manajer Program Patra Daya, Sunariyo mengungkapkan, dengan selesainya pembangunan, selanjutnya tahapan program adalah pembuatan laporan penggunaan dana.

“Saat ini masih dalam proses penyusunan laporan penggunaan dana yang akan dilaporkan kepada masyarakat pada saat rembug pertanggung jawaban beberapa waktu mendatang,” ungkap Yoyok, sapaan akrabnya.

Program Patra Daya merupakan program peningkatan infrastruktur desa yang didampingi oleh IDFoS Indonesia, bekerja sama dengan ExxonMobil Cepu Limited, Pertamina EP Cepu, Badan Kerja Sama Blok Cepu atas persetujuan SKK Migas. (iwd/yok)

Sebarkan...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

IDFoS Indonesia © 2016 Frontier Theme
%d blogger menyukai ini: