Mpok Damira Ambil Sampah KRT Pisah Ngraho

BOJONEGORO – Tidak hanya melakukan pengelolaan sampah warga Desa Ngumpakdalem, Kecamatan Dander, kelompok olah sampah Dalem Mandiri Sejahtera (Mpok Damira) juga bekerja sama dengan Bank Sampah Makmur Jaya Desa Ngraho, Kecamatan Gayam.

Pada Rabu (24/8/2016), pengurus Mpok Damira melakukan pengambilan sampah di bank sampah bentukan Program Akses Sanitasi Bersama Masyarakat (AKSI SEHAT) tersebut.

Menurut Eni Suhartini, bendahara Mpok Damira, Bank Sampah Jaya Makmur Abadi telah bekerja sama dengan Mpok Damira sejak pertama dibentuk. Setiap satu bulan sekali dilakukan pengambilan sampah di lokasi.

“Dari pengambilan sampah kemarin rata-rata jumlah sampahnya 200 kg, yang terdiri dari sampah masih layak jual seperti botol minuman mineral, gelas atom, kertas, duplek, plastik, kresek, kardus, besi, dan aluminium,”papar Eni.

Pengambilan sampah yang terakhir dilakukan merupakan pengambilan yang keempat kalinya. Dan rutin dilakukan setiap bulannya.

Selain Ngraho, sebelumnya Mpok Damira juga mengambil sampah dari KRT (Kelompok Rumah Tangga Pilah Sampah) Dusun Sumurpandan, Desa Gayam, Kecamatan Gayam. Namun, seiring berjalannya waktu pengambilan berhenti, karena ongkos ambil tidak sesuai dengan sampah yang diambil.

Sesuai dengan plan dalam program pengelolaan persampahan untuk ekonomi, Mpok Damira menjadi tempat pengumpulan dan pengolahan sampah akhir yang bersinergi dengan Program Akses Sanitasi Bersama Masyarakat (AKSI SEHAT).

Diharapkan ada perubahan perilaku dalam pengelolaan sampah. Harapannya, perilaku masyarakat mulai berbeda dalam memperlakukan sampah. Sampah rumah tangga akan dipilah dan dipilih. Sampah yang masih layak jual akan ditabung di bank sampah. Selanjutnya, bank sampah akan menjual sampahnya kepada Dalem Mandiri Sejahtera. (iwd/yok)

 

Sebarkan...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

IDFoS Indonesia © 2016 Frontier Theme
%d blogger menyukai ini: