Monev Partisipatif Program Posyandu

ExxonMobil Cepu Limited bersama IDFoS Indonesia menggelar kegiatan monitoring dan evaluasi Partisipatif Program Penguatan Kapasitas Pelayanan Posyandu pada hari Kamis (11/02/2021).

Kegiatan ini dibagi dalam dua sesi. Sesi pertama meliputi kunjungan pelaksanaan pos gizi dan kunjungan rumah balita (peserta Pos Gizi). Sesi kedua adalah diskusi group terfokus dengan stakeholder.

Adapun untuk sesi pertama dilaksanakan pada pukul 10.00 WIB. Sedangkan sesi kedua digelar di ruang pertemuan Puskesmas Bubulan dimulai pukul 11.15 sampai 12.30 WIB.

Diskusi  dihadiri oleh perwakilan Dinkes Bojonegoro, perwakilan camat Bubulan, Kepala Puskesmas Bubulan, Kepala Desa Sumberbendo, Ketua PKK Desa Sumberbendo, Kepala Desa Cancung, Ketua PKK Desa Cancung, Kader Posyandu masing-masing desa, bidan desa dan Ahli Gizi Puskesmas Bubulan, EMCL dan tim IDFoS Indonesia.

Kegiatan tersebut diawali dengan pemaparan oleh Manager Program (Sunariyo) terkait proses pelaksanaan tahapan program yang telah di laksanakan. Antara lain Koordinasi dan Diseminasi tingkat Kabupaten, Kecamatan, Desa; formative research; Peningkatan Kapasitas Kader melalui Pelatihan; dan Rehabilitasi Gizi Balita (Pos Gizi).

Kemudian dilanjutkan dengan evaluasi partisipatif terkait tindak lanjut dan exit program yang dipandu oleh Ahmad Taufiq selaku akademisi (Tenaga Ahli). Dengan melakukan penggalian pendapat dan saran kepada stakeholders yang hadir terkait pelaksanaan program.

Dalam sesi pertama sebelum dilaksanakan diskusi, seluruh stakeholder yang hadir menyaksikan pelaksanaan Pos Gizi (Pendidikan dan Rehabilitasi Gizi) di posyandu Kamboja desa sumberbendo dan juga melaksanakan kunjungan rumah balita yang sudah lulus  kegiatan Pos Gizi (dari gizi kurang menjadi gizi baik).

Pelaksanaan kegiatan monitoring, evaluasi dan learning ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui progres pelaksanaan program, tantangan yang dihadapi; membuat kesepakatan antar para pihak atau stakeholder dalam keberlanjutan program serta mendiskusikan rekomendasi untuk program-program kesehatan.

Selain itu dalam kegiatan ini sekaligus dilaksanakan serah terima sarana pendukung pelayanan posyandu dari EMCL kepada seluruh posyandu di Desa Cancung dan Sumberbendo.

Sehubungan  dengan wabah Covid-19, pelaksanaan  kegiatan mengikuti protocol Covid- 19 yang dianjurkan oleh pemerintah, antara lain jaga jarak; memakai masker; dan mencuci tangan atau menggunakan Antiseptic Hand Sanitizer. (ika/yok)

Sebarkan...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

IDFoS Indonesia © 2016 Frontier Theme
%d blogger menyukai ini: