Menu PD, Menu Sehat Mudah di dapat

Penyajian porsi makan anak dan kandungan gizi pada makanan PD

Rabu (05/08/2020) IDFoS Indonesia menyelenggarakan Diseminasi  tentang program Penguatan Layanan Posyandu Untuk Peningkatan Gizi Balita. Kegiatan tersebut bertujuan untuk menyampaikan hasil program kepada stakeholder terkait, agar digunakan dalam menangani kasus malnutrisi.

Program Peningkatan Layanan Posyandu yang difasilitasi oleh IDFoS Indonesia dan diprakarsai oleh ExxonMobil Cepu Limited ini sejalan dengan komitmen Bupati Bojonegoro yang tertuang dalam program prioritas bupati nomer 11, yakni mewujudkan misi peningkatan gizi dengan mengoptimalkan peran Posyandu.

Pendekatan yang digunakan untuk Intervensi di Desa Sarirejo Kecamatan Balen Kabupaten Bojonegoro adalah dengan pendekatan PD (Positive Deviance). Pendekatan ini telah digunakan di berbagai negara dan hasilnya memuaskan.

Balita di Desa Sarirejo yang kekurangan gizi prevalensiya sebanyak 47,1%. Nilai yang cukup tinggi untuk suatu desa, yang mana prevalensi minimal per desa adalah 30%.

Di Sarirejo ada dua posyandu yang diintervensi dengan kegiatan Pos Gizi selama 10 hari. Kegiatan diikuti sebanyak 12 anak di masing-masing pos dan dilanjutkan dengan kunjungan rumah (home visit).

Pendekatan PD ini efektif untuk rehabilitasi gizi balita dengan rentang usia 2 tahun dalam menangani anak kekurangan gizi (malnutrisi) dan mencegah resiko stunting.

Data perubahan berat badan anak dari Pos Gizi Bebet dan Karangwaru Desa Sarirejo, Balen, Bojonegoro

Dari 24 anak yang mengikuti Pos Gizi ada 11 anak yang dinyatakan lulus dengan indikator berat badan bertambah 200-400 gram.

Bahan makanan PD

Dalam diseminasi yang digelar di Dinas Kesehatan tersebut juga menampilkan pojok informasi  terkait makanan PD (bahan mentah, makanan matang, dan porsi makan anak), alur dari kegiatan PD, dan data peserta PD.

Kandungan gizi makanan sehat

 

Hasil dari Pendekatan PD ini dibagikan melalui buku menu sehat. Yang berisikan resep makanan dan kandungan gizi dari setiap menu. Menu tersebut merupakan hasil temuan lokal dari desa Sarirejo yang bahannya  murah, mudah didapat dan juga unik. (ika/yok)

Sebarkan...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

IDFoS Indonesia © 2016 Frontier Theme
%d blogger menyukai ini: