Koordinasi Program Pengelolaan Sampah Domestik di Bojonegoro 2020

IDFoS Indonesia dan pengurus Mpok Damira Koordinasi Program Persampahan

Selasa, 21/01/2020  bertempat dikantor IDFoS Indonesia Jl.Sersan Mulyono No.35 Bojonegoro, telah diselenggarakan koordinasi terkait Program pengelolaan sampah domestik tingkat kelompok antara IDFoS Indonesia dan “Mpok Damira” (Kelompok Olah Sampah Dalem Mandiri Sejahtera).

Koordinasi tersebut dilakukan dalam rangka tahap awal pelaksanaan Program Pengelolaan Sampah Domestik di Bojonegoro 2020 yang diprakarsai oleh Exxonmobil Cepu Limited dan SKK Migas serta di fasilitasi oleh IDFoS (Institute Development of Society) Indonesia.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Ibu Eni Suhartini (kiri) dan Ibu Mualiyah (kanan) dari Mpok damira dan difasilitasi langsung oleh Joko Hadi Purnomo (Direktur IDFoS Indonesia) dan Ahmad Muhajirin sebagai Manajer Program.

Dalam kesempatan itu, Manager Program, Muhajirin  menyampaikan beberapa hal yang berkaitan dengan hal teknis dari pelaksanaan program tersebut.

Selain itu juga membahas terkait pemetaan asset dari Mpok Damira, guna pengembangan sarana produksi dalam pengelolaan sampah dengan didampingi oleh Ridwan selaku pendamping program.

Kemudian dari koordinasi tersebut, dihasilkan kesepakatan bahwa Mpok Damira siap untuk menjalankan program tersebut.

Kelompok Dalem Mandiri Sejahtera atau yang lebih dikenal dengan Mpok Damira adalah kelompok pengelola sampah yang terbentuk pada bulan Mei 2015.

Mpok Damira adalah hasil dari Program Persampahan untuk Ekonomi Alternatif tahun 2014 yang merupakan kerja sama antara IDFoS Indonesia dengan ExxonMobil Cepu Limited (EMCL), operator Blok Cepu bersama Pertamina EP Cepu dan Badan Kerja Sama (BKS) Participating Interest (PI) Blok Cepu, atas persetujuan SKK Migas.

Mpok Damira adalah sebuah unit pengelolaan sampah di masyarakat yang terletak didesa Ngumpak Dalem, Kecamatan Dander, Kabupaten Bojonegoro. Dengan kegiatan yang dilakukan berupa pemilahan sampah rumah tangga, pengomposan serta pengolahan sampah anorganik yaitu plastik cacah.

Pengelolaan sampah merupakan salah satu aspek penting pengelolaan lingkungan. Karena Pengelolaan sampah tidak selalu berbicara terkait pembuangan dan pemusnahan sampah saja. Namun ada upaya pengurangan timbunan sampah dan pemanfaatan melalui daur ulang dan pengomposan.

Dengan mengelola sampah, lingkungan bersih, ekonomi pun ikut meningkat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

IDFoS Indonesia © 2016 Frontier Theme
%d blogger menyukai ini: