INSIST Beri Asistensi Pengelolaan Keuangan Bagi NGO

BOJONEGORO – Indonesian Society for Social Transformastion (INSIST) Yogyakarta, mengunjungi kantor IDFoS Indonesia selama dua hari (17-18/3/2016). Kunjungan tersebut dalam rangka asistensi pengelolaan keuangan bagi NGO.

Bendahara IDFoS, Joko H. Purnomo menjelaskan, asistensi pengelolaan keuangan bagi NGO adalah salah satu penguatan kapasitas bagi NGO Mitra yang diberikan oleh ExxonMobil Cepu Limited (EMCL).

Perwakilan dari INSIST Yogyakarta, Oktalina Puspawardhani memberikan pendampingan intensif terkait pengelolaan keuangan lembaga non pemerintah (NGO) bagi pengelola keuangan di IDFoS. Yakni, staf akunting dan kasir.

Pendampingan pengelolaan keuangan tersebut dibagi menjadi beberapa tahap. Tahap pertama meliputi pencatatan keuangan, pelaporan keuangan, penyiapan nota-nota dan bukti pendukung serta mendokumentasikan.

“Asistensi ini merupakan tahap kedua. Sebelum ini telah dilakukan pelatihan keuangan tahap pertama pada November 2015 lalu di kantor INSIST. Paska pelatihan tahap pertama kita terus memonitoring dan asistensi setiap harinya melalui email dan messanger untuk memastikan bahwa mitra sudah menerapkan keuangan seperti yang telah diberikan saat pelatihan. Bahkan, Riska (staf akunting IDFoS) ini kita WA (WhatsApp) terus setiap hari. Mana laporanya, mana laporannya? Gitu,”ungkap perempuan yang akrab disapa Ophe tersebut

Wanita yang memulai karirnya di INSIST sejak 2003 lalu itu menambahkan, asistensi kali ini, selain memonitoring pelatihan yang pertama seperti pencataan keuangan, laporan keuangan dan dokumentasi bukti bukti pendukung, juga akan memberikan pendampingan dalam dan penyusunan sistem keuangan (SOP), dan dilanjutkan pada bulan keempat untuk budgeting dan pengelolaan uang NGO.

“Dalam pengelolaan uang di NGO, misalkan ada uang berapa bagaimana mendistribusikan uang tersebut, akan digunakan untuk apa saja nanti akan diberikan setelah ini. Rencananya pada bulan 4 (April) mendatang,”pungkasnya.

Selain IDFoS, asistensi pengelolaan keuangan bagi NGO ini juga diberikan kepada mitra ExxonMobil Cepu Limited lainnya, yakni Ademos dan Paratazkia. (wid/yok)

Sebarkan...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

IDFoS Indonesia © 2016 Frontier Theme
%d blogger menyukai ini: