IDFoS Koordinasikan Program Penanaman dan Perawatan Trembesi di Kabupaten Bojonegoro

Koordinasi dengan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bojonegoro

BOJONEGORO – Isu terkait pemanasan global bukan lagi hal yang asing di tengah masyarakat saat ini. Pemanasan global sangat erat kaitannya dengan pencemaran udara.

Meningkatnya jumlah karbondioksida (CO2), efek rumah kaca, gas akibat pembakaran bahan bakar fosil, dan aktivitas manusia lainnya, merupakan sumber utama terjadinya pemanasan global.

Upaya menanggulangi pemanasan global bisa dimulai dari lingkungan sekitar kita. Di antaranya, menanam pohon atau reboisasi merupakan langkah nyata untuk menyeimbangkan kadar gas CO2 di lapisan atmosfer. Karena pohon akan menyerap gas CO2 untuk melakukan proses fotosintesis dan akan melepaskan oksigen ke udara.

Karena begitu besarnya pengaruh menanam pohon dalam penanggulangan dampak pemanasan global. Sebagai upaya mengurangi gas CO2, maka dilaksanakanlah program Penanaman dan Perawatan 4.000 pohon trembesi di Kabupaten Bojonegoro terutama di Wilayah Kecamatan Balen.

Kegiatan ini diprakarsai oleh PT Pertamina EP Cepu (PEPC) selaku operator di Lapangan Unitisasi Jambaran-Tiung Biru (JTB) yang merupakan salah satu bentuk komitmen PEPC dalam penerapan kegiatan operasi yang berwawasan lingkungan serta mendukung program pemerintah dalam meningkatkan kepedulian terhadap lingkungan.

Sebagai tahap awal program, Kemarin pada hari Selasa (24/03/2020) dilaksanakan Kegiatan koordinasi tingkat kabupaten dan kecamatan. Kegiatan  ini di lakukan agar terjadi sinkronisasi tujuan antara Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bojonegoro dan Pemerintah Kecamatan Balen.

Koordinasi dilaksanakan di Kantor Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bojonegoro dan Kantor Kecamatan Balen. Untuk koordinasi dengan DLH Bojonegoro diikuti oleh 7 orang, yakni 2 orang dari IDFos Indonesia, 2 orang dari Ademos Indonesia, 1 orang dari PEPC dan 2 orang dari DLH.

Koordinasi dengan Desa Pilanggede

Pertemuan informal tersebut membahas waktu pelaksanaan program, titik penanaman, teknis penanaman serta teknik perawatan (pemberian pupuk organik).

Dalam program Penanaman dan Perawatan Trembesi di Kabupaten Bojonegoro 2020-2022, IDFoS Indonesia merupakan salah satu mitra yang akan memfasilitasi  penanaman dan perawatan 4.000 pohon trembesi di wilayah Kecamatan Balen, yang mana perawatan akan dilakukan selama 2 tahun.

Usai koordinasi dengan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bojonegoro, dilanjutkan Koordinasi dengan Pemerintah Kecamatan Balen, kemudian  Koordinasi dengan Desa Pilanggede.

Pihak Kecamatan Balen dan juga desa Pilanggede menyambut baik dan mendukung pelaksanan program tersebut. (yok)

Sebarkan...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

IDFoS Indonesia © 2016 Frontier Theme
%d blogger menyukai ini: