IDFoS Indonesia Gelar Kampanye Kesehatan di Kecamatan Bubulan

penyampaian dongeng yang berjudul “Ayo Jadi Jagoan Cuci Tangan” dari Kampung Dongeng

BOJONEGORO – IDFoS Indonesia pada minggu kedua Februari memfasilitasi kegiatan Kampanye Kesehatan dan Penyuluhan di dua desa di Kecamatan Bubulan. Yaitu Desa Cancung dan Sumberbendo. Keduanya merupakan desa sasaran dalam penanganan kasus balita kurang gizi dan kasus stunting yang diprakarsai oleh ExxonMobil Cepu Limited.

Kegiatan tersebut tepatnya dilaksanakan pada 9 dan 11 Februari 2021 dimulai pukul 09.00 – 11.00 WIB. Kampanye ini merupakan rangkaian kegiatan dari Program Penguatan Kapasitas Pelayanan Posyandu di tahun 2020.

Peserta kegiatan kampanye kesehatan di setiap desa sekitar 40 orang dengan rincian 20 orang Ibu (pengasuh) dan 20 anak balita dan dihadiri oleh Kepala Desa, Bidan, Perawat dan kader posyandu dari masing-masing Desa.

Kampanye kesehatan dan penyuluhan dilaksanakan untuk mengoptimalkan capaian dari program sehingga dapat membangun dan memberikan pengetahuan kepada masyarakat di desa sasaran program.

Tujuannya untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat tentang perilaku hidup bersih dan sehat melalui praktek cuci tangan pakai sabun serta pemenuhan gizi seimbang bagi balita.

Rangkaian dari kegiatan ini diantaranya ada Pemutaran video positive deviance (PD) dan Gizi (Tinggiku masa depanku), penyampaian dongeng yang berjudul “Ayo Jadi Jagoan Cuci Tangan” oleh Kak Budi dari Kampung Dongeng serta ada Permainan.

Tak hanya itu, peserta juga diajak untuk bernyanyi bersama-sama dan praktek cuci tangan dengan langkah yang benar.

Dengan kegiatan ini, anak-anak didorong untuk berlatih dan membiasakan mencuci tangan dengan benar. Karena, di masa pandemi kebersihan kini menjadi bagian penting dalam kehidupan bermasyarakat.

Sehubungan  dengan wabah Covid-19, pelaksanaan  kegiatan mengikuti protokol Covid- 19 yang dianjurkan oleh pemerintah, antara lain jaga jarak; memakai masker; dan mencuci tangan atau menggunakan Antiseptic Hand Sanitizer.

Program ini diprakarsai oleh ExxonMobil Cepu Limited (EMCL), bersama Pertamina EP Cepu dan Badan Kerja Sama PI Blok Cepu, atas persetujuan SKK Migas dan difasilitasi oleh IDFoS (Institute Development of Society) Indonesia. (ika/yok)

Sebarkan...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

IDFoS Indonesia © 2021
%d blogger menyukai ini: