IDFoS Gelar Kampanye Keluarga Sehat

para balita memeragakan prakter cuci tangan bersama ibunya

IDFoS Indonesia, pada akhir Agustus lalu memfasilitasi kegiatan Kampanye Keluarga Sehat di Desa Sarirejo, Pilanggede, Ngumpakdalem, dan Sumbertlaseh yang bertemakan “Ayo Biasakan Cuci Tangan Pakai Sabun”. Kegiatan yang berlangsung pada 20-27 Agustus 2020 tersebut merupakan kegiatan penutup dari program Peningkatan Kapasitas Layanan Posyandu tahun 2019.

Hadir dalam acara tersebut Kepala Desa, perangkat desa, bidan dan kader posyandu dari masing-masing desa. Acara dilaksanakan di balai desa dengan mengundang ibu dan balita peserta posyandu.

pelaksanaan kampanye kesehatan di desa Sumbertlaseh, Bojonegoro

Manager Program, Laily Mubarokah menyampaikan, kegiatan ini dengan sasaran untuk ibu dan balita, untuk mengkampanyekan PHBS. ”Jadi untuk membiasakan balita sejak dini mencuci tangan dan juga memakai masker di masa pandemi ini,” katanya.

Usai sambutan, ada pemutaran video, yaitu tentang video dokumentasi dari kegiatan Pos Gizi di Desa Sarirejo. Sarirejo adalah desa pilot project dari pendekatan PD (Positive Deviance) dalam program Peningkatan Kapasitas Layanan Posyandu.

Dalam kegiatan tersebut juga ada penyampaian dongeng  oleh fasilitator dari kampung dongeng (kak Budi).  Tak hanya itu, peserta juga diajak untuk melakukan senam bersama-sama dan praktek cuci tangan dengan langkah yang benar.

Kampanye kesehatan di desa Pilanggede, Balen, Bojonegoro

Dengan kegiatan ini, anak-anak didorong untuk berlatih dan membiasakan mencuci tangan dengan benar. Karena, di masa pandemi kebersihan kini menjadi bagian penting dalam kehidupan bermasyarakat.

Selain itu, pelaksanaan layanan posyandu juga dapat berjalan lancar dengan adanya bantuan sarana yang telah diberikan oleh ExxonMobil kepada masing-masing posyandu dan peningkatan gizi balita.

“Diharapkan sepulang dari acara, ibu-ibu dapat membiasakan diri  dan anaknya untuk  cuci tangan dirumah”, ungkap Hasti Asih perwakilan EMCL.

Kegiatan ini merupakan komitmen EMCL dalam mendukung penguatan dan peningkatan  kesehatan di wilayah operasinya dalam Program Penguatan Kapasitas Layanan Posyandu diprakarsai oleh ExxonMobil Cepu Limited (EMCL), bersama Pertamina EP Cepu dan Badan Kerja Sama PI Blok Cepu, atas persetujuan SKK Migas dan difasilitasi oleh IDFoS (Institute Development of Society) Indonesia. (ika/yok)

Sebarkan...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

IDFoS Indonesia © 2016 Frontier Theme
%d blogger menyukai ini: