Ibu Rumah Tangga Desa Gayam Antusias Ikuti Pemicuan

BOJONEGORO – Salah satu cara mengubah perilaku higienis dan sanitasi melalui pemberdayaan masyarakat adalah dengan STBM (Sanitasi Total Berbasis Masyarakat) melalui metode pemicuan.

Cara serupa diaplikasikan dalam program Aksi Sehat (Akses Sanitasi Bersama Masyarakat) yang didampingi oleh IDFoS bekerja sama dengan operator blok cepu ExxonMobil Cepu Limited. Pemicuan menjadi salah satu kegiatan dalam program tersebut dengan tujuan mengubah perilaku masyarakat di desa lokasi program, terutama untuk pengelolaan sampah rumah tangga.IDFoS

Pada Minggu (20/12/2015) lalu, dilaksanakan pemicuan di Desa Gayam, Kecamatan Gayam. Kegiatan tersebut dilaksanakan di balai pertemuan rumah Kades Gayam, tepat di samping kecamatan Gayam. Dimulai pada pukul 09.00 WIB, acara tersebut diikuti oleh Ibu rumah tangga di Dusun Sumurpandan, Desa Gayam.

Sebanyak 28 perempuan yang sehari-hari mengurus keluarga terlihat sangat antusias mengikuti jalannya kegiatan. Beberapa dari mereke tampak asyik saat menggambar peta wilayah tempat tinggal mereka. Sementara yang lainnya mengomentari peta tersebut sesuai tidaknya dengan yang digambar.

Eh itu gak pas neng kono, omahku sebelah kene lo,” protes salah satu ibu rumah tangga yang saat meletakkan tanda untuk rumahnya tidak sesuai.

Kegiatan pemicuan menekankan perubahan perilaku masyarakat dalam pengelolaan sampah rumah tangga dengan partisipasi dari masyarakat sendiri. Karena dalam kegiatannya masyarakat diajak untuk memetakan kondisi pengelolaan sampah di lingkungan mereka. (iwd/yok)

Sebarkan...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

IDFoS Indonesia © 2016 Frontier Theme
%d blogger menyukai ini: