Hasil Olah Sampah KRT Pisah Ngraho Ikut Karnaval

BOJONEGORO – Kelompok Rumah Tangga Pilah Sampah (KRT Pisah) Desa Ngraho ikut unjuk gigi dalam karnaval peringatan hari kemerdekaan 17 Agustus pada Minggu ( 27/8/2016) di Desa Ngraho, Kecamatan Gayam.Karnaval desa Ngraho Gayam Bojonegoro

Pada karnaval yang diselenggarakan oleh Pemerintah Desa Ngraho tersebut, KRT Pisah menampilkan hasil pengolahan sampah kresek yang dijadikan baju dengan berbagai kreasi dan dikenakan oleh peserta karnaval yang kali ini mewakili RT 6 Dusun Bulu, Desa Ngraho.

Jika dilihat secara sepintas, baju yang dikenakan oleh beberapa remaja putri pada saat karnaval tersebut terlihat seperti baju biasa. Tidak nampak kalau bahan bakunya adalah kresek bekas. Sehingga, pada karnaval tersebut, RT 6 menampilkan tontonan yang cukup unik dan menarik.

Dengan memanfaatkan sampah menjadi hal yang unik dan kreatif tersebut, diharapkan dapat menarik minat warga agar lebih bijaksana dalam mengelola sampah. Dengan melakukan pengelolan secara benar, yakni memilah dan memilih sampah, dan memanfaatkan sampah yang masih dapat diolah untuk menjadi barang baru yang bernilai ekonomis.

Karnaval yang bertemakan “Sejarah Bojonegoro” tersebut diikuti oleh 16 peserta dari RT 1 hingga RT 16 di Desa Ngraho, Kecamatan Gayam. Karnaval dimulai dari lapangan Desa Ngraho dan finish di Balai Desa Ngraho.

KRT Pisah Desa Ngraho merupakan kelompok pilah sampah yang terbentuk melalui program Akses Sanitasi Bersama Masyarakat (AKSI SEHAT) yang didampingi oleh IDFoS Indonesia yang berfokus untuk perbaikan akses sanitasi, khususnya dalam pengelolaan sampah rumah tangga.

Salah satu output program-nya adalah terbentuknya usaha olah sampah yakni KRT Pisah. Satu KRT Pisah terdiri dari beberapa rumah tangga. Masing-masing keluarga melakukan pemilahan dan pemilihan sampah lalu sampah yang telah dipilah tersebut disetor ke KRT Pisah Jaya Makmur Abadi dengan konsep menabung sambah. (iwd/yok)

 

Sebarkan...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

IDFoS Indonesia © 2016 Frontier Theme
%d blogger menyukai ini: