GELAR 2 : Aksi Tanam Sejuta Pohon

Hari Hutan Sedunia (International Day of Forest/IDF) diperingati setiap tanggal 21 Maret. IDF diperingati, menyusul fakta kita kehilangan 13 hektar hutan setiap tahun. Dampak dari deforestasi mengakibatkan tidak terserapnya 12-18% emisi karbon yang ada di sekitar kita.

Di peringatan hari hutan sedunia pada 21 Maret 2021 ini, IDFoS Indonesia bersama Komunitas dan Lembaga  yang tergabung dalam “Gelar” (Gerakan Lestari Alam Raya) melakukan kegiatan tanam pohon dengan tagline “Aksi Tanam Sejuta Pohon”. Sebelumnya Gerakan ini juga telah melakukan aksi serupa pada hari menanam pohon nasional pada 28 November 2020 tahun lalu.

Kegiatan Gelar kali ini berlokasi di Bojonegoro – Tuban serta melibatkan 67  unsur dari badan usaha hingga komunitas dengan jumlah sekitar 2.000 sukarelawan yang turut andil dalam aksi.

Lokasi tanam pohon ini utamanya dilakukan di kawasan hutan, bantaran Bengawan Solo, kawasan konservasi sumber mata air, sendang, embung dan sisanya pada fasilitas publik.

Pelaksanaan ceremony sebelum penanaman pohon

Sekitar 17 titik lokasi penanaman yang tersebar di Bojonegoro-Tuban ditanami berbagai jenis pohon buah dan pohon teduh. Tanaman itu diantaranya sirsak, jambu, nangka, mangrove, trembesi, sengon, tabebuya, dan mahoni.

“Aksi Gelar kedua ini dilakukan secara serentak dan sukarela oleh 2.000 relawan yang tersebar di Bojonegoro-Tuban. Terdiri dari berbagai unsur lapisan masyarakat mulai dari organisasi atau komunitas,” jelas Siti Nurhidayah selaku koordinator aksi Gelar 2.

“Harapan dari aksi kali ini dapat memperbaiki kelestarian lingkungan dan meningkatkan kesadaran masyarakan sekitar akan pentingnya merawat bumi agar tetap lestari,” pungkas perempuan asal Padangan Bojonegoro tersebut. (Rid/Dhen/yok)

Sebarkan...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

IDFoS Indonesia © 2021
%d blogger menyukai ini: