FGD Paparan Hasil Pemetaan BUMDes Bandungrejo

Penyampaian hasil pemetaan program pengembangan BUMDesa bersama PEPC di desa Bandungrejo, Ngasem, Bojonegoro

 

BOJONEGORO – IDFoS Indonesia bersama Pertamina EP Cepu (PEPC) , Sabtu (30/12/2017) lalu, menyelenggarakan Focus Group Discussion (FGD) di balai Desa Bandungrejo, Kecamatan Ngasem, Bojonegoro.

Agendanya, Pemaparan Hasil Pemetaan Program Peningkatan Mata Pencaharian Masyarakat Berbasis Pertanian, Peternakan dan Perikanan Melalui Optimalisasi Peran Bisnis BUMDes Bandungrejo.

FGD kali ini merupakan tahapan lanjutan dari pemetaan yang telah dilakukan sebelumnya. Pada kesempatan itu, disepakati bahwa pengembangan BUMDes yang akan dijalankan adalah usaha ternak ayam petelur.

Acara yang dimulai pukul 10.00 WIB tersebut berlangsung dengan lancar. Serta, dihadiri oleh 20 peserta yang terdiri dari Kades, BPD, Perangkat Desa, BUMDesa, masyarakat, perwakilan dari Pertamina EP Cepu (PEPC), dan tim IDFoS Indonesia.

Diskusi diawali dengan pemaparan kelembagaan BUMDesa oleh Ida, selaku pendamping lapangan (IDFoS Indonesia). Kemudian dilanjutkan dengan pemaparan terkait analisis kekuatan dan kelemahan yang dimiliki, sehingga dari paparan tersebut akan mudah merencanakan hal apa yang akan dilakukan untuk tahapan selanjutnya.

Dengan pemaparan hasil pemetaan, diharapkan masyarakat dapat memahami hasil pemetaan dan mengetahui rencana strategis serta rencana tindak lanjut dari pelaksanaan program.

Pemerintah Desa Bandungrejo dan BUMDesa memberikan dukungan penuh terhadap program ini, dengan menyiapkan lokasi untuk lahan kandang ayam petelur. Serta pemerintah desa akan segera membuat peraturan desa (perdes) dan SK pengangkatan anggota BUMDesa Bandungrejo. (ika/yok)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

IDFoS Indonesia © 2016 Frontier Theme
%d blogger menyukai ini: