Empat Desa Tuntaskan Remburg Pertanggungjawaban

BOJONEGORO – Empat dari enam desa lokasi program Program Aksi Kemitraan Untuk Pemberdayaan Masyarakat (Patra Daya) tahun 2015/2016 telah melaksanakan tahapan akhir dari program. Yakni musyawarah desa pertanggung jawaban atau rembug warga pertanggung jawaban.

Empat desa itu adalah Mentoro dan Karangagung (Tuban), Beged, dan Ngraho (Bojonegoro). Sementara dua desa lainnya adalah Sukoharjo dan Sudu masih menunggu terselesaikannya dokumen laporan pertanggung jawaban (LPJ) oleh Tim Pelaksana Pembangunan (TPP).

Diawali Desa Ngraho, Kecamatan Gayam yang menggelar rembug pertanggung jawaban pertama pada minggu pertama di bulan Maret. Disusul Mentoro, Kecamatan Soko dan Karanggagung, Kecamatan Palang. Beged menjadi desa keempat yang telah melaksanakan rembug warga pertanggung jawaban.

Menurut Manajer Program Patra Daya 2016, Sunariyo, dua desa yang belum melaksanakan musdes masih dalam proses penyelesaian penyusunan laporan penggunaan dana program. Rencananya akan tuntas pada awal bulan depan.

Sesuai jadwal yang telah ditentukan, enam desa lokasi program Patra Daya selesai yang diakhiri dengan adanya rembug warga pertanggung jawaban adalah per bulan April 2016.

Dalam rembug pertanggung jawaban, TPP memaparkan seluruh tahapan kegiatan program yang telah dilakukan dan penggunaan dana dalam kegiatan pembangunan hingga 100 persen. Hal itu dilakukan sebagai bentuk tanggung jawab TPP kepada masyarakat untuk membuka informasi terkait program secara luas, terlebih dalam penggunaan dananya.

Selain itu, musyawarah pertanggungjawaban diharapkan menjadi media untuk menentukan rencana tindak lanjut program ini terlebih untuk perawatan dan pemeliharaan fasilitas yang telah dibangun. (iwd/yok)

Sebarkan...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

IDFoS Indonesia © 2016 Frontier Theme
%d blogger menyukai ini: