Dorong Ekonomi Warga Pesisir Melalui Perbaikan Infrastruktur

Desa Karangagung adalah salah satu desa di wilayah kabupaten Tuban, tepatnya berada di Kecamatan Palang. Desa Karangagung berbatasan langsung dengan laut Jawa di sebelah utara, dengan letak geografis yang sedemikian rupa, menjadikan mayoritas mata pencaharian warga Karangagung adalah sebagai nelayan.IDFoS

Setiap malam berangkat melaut dan kembali pada esok harinya. Bahkan, ada warga yang melaut beberapa hari baru kembali. Kegiatan ekonomi warga pesisir tidak bisa terlepaskan dari sumberdaya alam yang ada di laut.

Keberadaan infrastruktur penunjang kegiatan operasional di laut juga sangat berperan penting terhadap kelancaran kegiatan ekonomi di sana. Salah satunya adalah keberadaan tambat labuh, atau tempat bersandarnya kapal kapal pencari ikan milik nelayan di Desa Karangagung.

Belum adanya tambat labuh tersebut dirasa belum mengoptimalkan para nelayan. Dikarenakan masih minimnya tempat parkir bagi kapal-kapal nelayan tersebut. Selain itu kapal-kapal nelayan juga kerap terseret ombak ketika diparkir di pinggiran laut.

Keberadaan kegiatan ekonomi sangat berdampak langsung bagi kesejahteraan, sebagai upaya mempercepat kesejahteraan bagi warga pesisir, pada tahun 2014 IDFoS bekerja sama dengan ExxonMobil Cepu Limited (EMCL) menyelenggarakan Program Aksi Kemiteraan Untuk Pemberdayaan Masyarakat (PATRA DAYA). Yakni, pembangunan infrastruktur yang menitik beratkan pada kebutuhan masyarakat.

Melalui musyawarah Desa Karangagung yang dikuti oleh pemerintah desa,  pemuda, tokoh masyarakat dan warga setempat yang mayoritas adalah nelayan, sesuai kesepakatan dalam musyawarah tersebut menghendaki untuk melakukan pembangunan tambat labuh di Desa Karangagung.

Setelah musyawarah dibentuklah Tim Pelaksana Pembangunan (TPP) yakni perwakian dari desa yang bertugas untuk melakanakan program yakni pembangunan tambat labuh, dalam program Patra Daya setiap kebijakan atau keputusan yang diambil selalu melibatkan masyarakat dalam forum musyawarah. Pelaksanaan program yang berjalan kurang lebih 7 bulan telah terbangun tambat labuh.

Pembangunan infrastruktur untuk mendorong kegiatan ekonomi di Desa Karangagung berlanjut di tahun 2015 juga melalui program Patra Daya. Berpedoman dari hasil rembug warga pelaksanaan penggalian kebutuhan pembangunan desa yang dilakukan pada 4 September 2015.

Dari berbagai usulan yang diajukan, akhirnya disepakati untuk dilakukan pembangunan Pos Keamanan Kapal di TPI Karangagung, melanjutkan pembangunan, jika tahun 2014 pembangunan tambat labuhnya, di tahun 2015 dilakukan pembangunan pos keamanan tambat labuh.

Dengan mekanisme yang sama seperti tahun 2014, pembangunan juga dilakukan secara swakelola yang di akomodir oleh TPP yang dibentuk melalui musyawarah desa. Keberadaan dua obyek penunjang kegiatan perekonomian di Desa Karangagung tersebut adalah tambat labuh dan pos penjagaannya cukup berdampak bagi masyarakat.

Jika sebelumnya warga khawatir ketika memarkir kapal-kapalnya saat kembali mendarat akibat banyaknya pencurian ikan. Hal ini tidak terjadi lagi, pasalnya warga saling bergotong royong untuk bergantian menjaga di pos penjagaan tersebut. (*)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

IDFoS Indonesia © 2016 Frontier Theme
%d blogger menyukai ini: