Desa Sukoharjo Rencanakan Bangun Jalan Lingkungan dan Jembatan

BOJONEGORO – Berdasarkan kesepakatan saat rembug warga sosialisasi yang dilaksanakan pada Jumat, 4 September 2015 di Balai Desa Sukoharjo, Kecamatan Kalitidu, pekerjaan dalam Program Aksi Kemitraan Pemberdayaan untuk Masyarakat (Patra Daya) 2015 desa setempat berupa dua jenis. Yaitu, pembangunan jalan lingkungan dengan konstruksi paving di tiga titik dan pembangunan jembatan kecil di atas drainase PJKA.
”Saat ini telah dilakukan survei lokasi di masing-masing sasaran pembangunan,” kata pendamping teknik Rizal Zubad F. Setelah itu, dilanjutkan dengan pembuatan Rancangan Anggaran Biaya (RAB) dan gambar desain untuk dilampirkan pada proposal yang akan diajukan ke Exxon Mobil Cepu Limited (EMCL).

Rizal menjelaskan, Tim Pelaksana Pembangunan (TPP) Desa Sukoharjo telah menyusun dokumen perencanaan pembangunan, seperti RAB dan gambar desain bangunan. ”Setelah itu, mereka berkonsultasi dengan pendamping untuk menyesuaikan dengan standar dalam perencanaan pembangunan,” katanya.
Setelah draf perencanaan pembangunan seperti gambar desain bangunan dan RAB selesai dibuat, akan dibahas dalam focus group discussion (FGD) dengan pemerintah desa sebelum dibawa ke musyawarah desa pelaksanaan.
Program Aksi Kemitraan Pemberdayaan untuk Masyarakat (Patra Daya) diprakarsai ExxonMobil Cepu Limited (EMCL). Dalam mewujudkannya, atas persetujuan SKK Migas, EMCL bersama mitra Blok Cepu: Pertamina EP Cepu dan Badan Kerjasama (BKS) Participating Interest (PI) Blok Cepu, EMCL bekerja sama dengan Institute Development of Society (IDFoS) Indonesia. (iwd)

Sebarkan...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

IDFoS Indonesia © 2016 Frontier Theme
%d blogger menyukai ini: