Berkolaborasi Lakukan Vaksinasi Disabilitas

BOJONEGORO – Dalam rangka mempercepat program vaksinasi nasional guna mencapai kekebalan komunal (herd immunity) dalam menghadapi pandemi Covid-19, IDFoS Indonesia berkolaborasi dengan Pemkab Bojonegoro, Dinas Kesehatan dan didukung 10 lembaga lainnya melakukan vaksinasi untuk penyandang disabilitas.

Salahsatu penyandang disabilitas saat melakukan vaksin Covid-19

Kesepuluh Lembaga lainnya adalah Puskesmas Balen, PDKB, Filantropi Indonesia, Palang Merah Indonesia, Yatim Mandiri, Persatuan Wartawan Indonesia, Nurul Hayat, blokBojonegoro.com, BMH, dan Forum Zakat.

Kegiatan dilaksanakan pada Sabtu (25/09/2021), di Sekretariat Perhimpunan Disabilitas Kabupaten Bojonegoro (PDKB) Desa Lengkong, Kecamatan Balen, Kabupaten  Bojonegoro. “Anggota PDKB terhalang mobilitas, namun difasilitasi untuk mengikuti vaksinasi sekarang ini,” kata Sanawi, ketua PDKB Bojonegoro.

Saat ini, hampir di seluruh wilayah Indonesia tengah dilaksanakan program vaksinasi Covid-19. Program vaksinasi tidak hanya bagi masyarakat umum, lansia, tetapi juga berhak diberikan kepada penyandang disabilitas.

Organisasi Kesehatan Dunia mengungkapkan, vaksinasi tidak hanya bagi masyarakat umum, lansia, tetapi juga berhak diberikan kepada penyandang disabilitas. Kementerian Kesehatan bahkan telah mengeluarkan Surat Edaran Nomor HK.02.02/III/15242/2021 tentang Pelaksanaan Vaksinasi COVID-19 bagi Masyarakat Rentan dan Masyarakat Lainnya yang Belum Memiliki Nomor Induk Kependudukan. Kelompok Disabilitas masuk dalam masyarakat rentan.

Meskipun memiliki kebutuhan khusus, namun antusiasme penyandang disabilitas dalam megikuti vaksinasi Covid-19 sangat tinggi. Ini ditunjukkan dengan kedatangan mereka ke lokasi vaksinasi. Beberapa peserta vaksinasi dijemput panitia. Ada juga yang datang dengan diantar keluarga. Dan ada pula yang berangkat sendiri.

Seluruh peserta maupun undangan, diwajibkan menerapkan protokol kesehatan Covid-19 dengan memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan. Sekaligus menggunakan handsanitizer yang disediakan panitia,

Ketua PDKB, Sanawi mengucapkan terimakasih atas dukungan dan kerjasamanya semua pihak, sehingga berkolaborasi menyelenggarakan vaksinasi. Kita tetap semangat dan bangga diperhatikan elemen masyarakat saat masa pandemi Covid-19. “Anggota PDKB terhalang mobilitas, namun difasilitasi untuk mengikuti vaksinasi sekarang ini,” terang penyandang tuna hasta tersebut.

Sementara itu Camat Balen, Hari Kristanto mengapresiasi kebersamaan semuanya yang telah mensukseskan vaksinasi di Bojonegoro. “Semoga herd imunity masyarakat segera tercapai, termasuk disabilitas di Bojonegoro,” ungkap pria yang pernah menjabat Camat Tambakrejo itu.

Menurut dia, pencapaian kekebalan komunal tidak cukup hanya dilakukan pemerintah saja, namun perlu keterlibatan semuanya. “Meskipun sudah divaksin, harus tetap mematuhi protokol kesehatan Covid-19,” pesan Camat Hari. (ika/yok)

Sebarkan...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

IDFoS Indonesia © 2021
%d blogger menyukai ini: