Arisan Kobis 9, Bincang-Bincang Koperasi

BOJONEGORO – Pada Senin (22/8/2016), Komunitas Bisnis (Kobis) IDFoS Indonesia menggelar arian rutin satu bulanan. Arisan kali ke-9 tersebut dilaksanakan di kantor IDFoS Indonesia, Jl. Sersan Mulyono 35 Bojonegoro.

Acara yang dimulai pukul 09.15 Wib tersebut cukup berbeda dari acara sebelum-sebelumnya. Pasalnya, arisan tersebut dirangkai dengan bincang-bincang terkait perkoperasian. Hal tersebut dilakukan sebagai upaya untuk menjembatani rencana kobis dalam membentuk koperasi usaha.

Bincang-bincang tersebut menghadirkan dua narasumber, yakni staf kelembagaan dan penyuluhan Dinas Koperasi dan UMKM Bojonegoro, Supardi, S.Sos yang menyampaikan materi terkait koperasi menurut peraturan perundang-undangan. Seperti, mekanisme pembentukan, prinsip, tujuan dan hal lain tentang perkoperasian.

Sementara narasumber kedua Rizal Zubad Firdausi, dari IDFoS Indonesia. Rizal menyampaikan tentang Koperasi Syariah, baik konsep, syarat, dan perbedaan antara koperasi konvensional dan syariah.

“Koperasi syariah, yakni koperasi yang mengacu pada asas-asas syariah, di dalam Islam ada tiga prinsip yakni Musyarokah, Mudhorobah, dan Ijaroh yang berkaitan dengan koperasi. Musyarokah dan mudhorobah sistemnya adalah bagi hasil, sedangkan ijaroh sistem upah dan tidak ada penambahan nilai,” papar Rizal.

Dari pemaparan kedua narasumber tersebut, diharapakan anggota kobis akan mengetahui informasi yang relevan terkait dua jenis koperasi, baik konvensional maupun syariah.

“Setelah anggota kobis tahu apa itu koperasi, baik konvensional maupun syariah, serta bagaimana mekanimes, keuntungan, dan cara membentuknya, harapan kami koperasi ini nantinya mau dibikin jenis apa, monggo disepakati bersama, mau syariah atau konvensionalm” tandas Manajer Program Kewirausahaan, Laily Mubarokah.

Setelah diberikan paparan terkait perkoperasian, anggota kobis lebih condong memilih membentuk koperasi syariah.

Setelah penyuluhan koperasi dan tanya jawab, acara dilanjutkan dengan pengundian arisan, dan makan siang hingga acara berakhir pada pukul 11.40 WIB. (iwd/yok)

 

Sebarkan...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

IDFoS Indonesia © 2016 Frontier Theme
%d blogger menyukai ini: