Aktifitas Dalem Mandiri Sejahtera

Pemandangan berbeda terlihat di koperasi unit desa (KUD) Ngumpakdalem, lahan kosong yang dulunya tidak terpakai tersebut kini berubah menjadi tempat penampungan sampah- sampah dari masyarakat RT. 1 hingga RT 13 desa Ngumpakdalem. Setelah mendapatkan Program Ekonomi Alternatif Untuk Persampahan yang didanai dari Exxon Mobil Cepu Limited dan didampingi oleh Institute Developmen Of Society (IDFoS), warga Ngumpakdalem khususnya RT. 1 hingga 13 mulai mengumpulkan sampah sampah rumah tangganya untuk dikumpulkan di kelompok usaha sampah DMS.

Sampah sampah warga 15 Rt tersebut setiap hari senin,selasa,rabu,dan sabtu diambil oleh petugas pengambil sampah lalu sampah sampah tersebut ditampung di penampungan sampah yang bertempat di KUD. Setelah itu sampah sampah tersebut dipilah oleh tiga orang pekerja yang bertugas untuk memilah sampah sesuai dengan jenisnya yaitu sampah organik dan sampah non organik. Pemilahan sampah tersebut dilakukan oleh 2 perempuan dan satu laki laki yang merupakan warga desa Ngumpakdalem. Ssetelah dipilah sampah organik dimasukkan ke komposter untuk dibuat pupuk cair sedangkan sampah non organik seperti kertas,kardus ,atom, dsb dijual  ke pengepul dan dibuat kerajinan.

Kegiatan usaha persampahan ini dimulai dengan mendirikan koperasi sampah,serta memanfaatkan sampah untuk dibuat pupuk cair dan kerajinan. Koperasi sampah ini nantinya seperti koperasi pada umunya namun bedanya warga menabung sampah yang akan diganti dengan uang seharga sampah dipasaran. Dari hasil menbung sampah tersebut dapat diuangkan setiap enam bulan sekali. Pupuk cair adalah hasil dari pengumpulan sampah sampah organik seperti daun daun,sisa makanan,sayuran dsb,yang diolah menggunakan komposter, pupuk cair ini nantinya akan bisa dimanfaatkan untuk kegiatan pertanian dan saat ini pupuk cair masih dalam tahap pengujian,selain itu kegiatan usaha sampah ini juga dilakukan dengan memanfaatkan sampah sampah bekas untuk dibuat menjadi kerajinan seperti tas,dompet,bunga dll.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

IDFoS Indonesia © 2016 Frontier Theme
%d blogger menyukai ini: