Perkuat Jaringan Wirausaha dengan Arisan Rutin

BOJONEGORO – Kelompok Rumah Tangga Pilah Sampah (KRT Pisah) Desa Mojodelik, Kecamatan Gayam telah terbentuk melalui diskusi kelompok terfokus atau FGD. Kegiatan ini merupakan rangkaian dari Program Akses Sanitasi Bersama Masyarakat (Aksi Sehat).

Melalui FGD tersebut, telah dibentuk 2 KRT Pisah dari dua dusun. Yakni, Dusun Mojo dan Gledegan. Diskusi tersebut dilakukan setelah dilakukannya kegiatan pemicuan.

FGD dimulai setelah kegiatan pemicuan selesai. Tepatnya setelah warga menuliskan komitmennya untuk memilah sampah.

Pemimpin diskusi sekaligus pendamping kesehatan masyarakat, Rahma Nida memulainya dengan membentuk kelompok rumah tangga pilah sampah dari dua dusun tersebut. Yakni dengan memilih ketua, sekretaris, dan bendahara.

Dari diskusi tersebut, akhirnya terpilih dua KRT Pisah Dusun Gledegan, dengan ketua dipercayakan kepada Munib. Sekretaris, oleh Jaenab dan bendahara dijabat Satik. Sementara KRT Pisah Dusun Mojo, ketua oleh Pardi, sekretaris dijabat Rin Jamain, dan bendahara dipercayakan kepada Satik.

Program Aksi Sehat merupakan program kerja sama Institute Development of Society  (IDFoS) Indonesia dengan ExxonMobil Cepu Limited, Pertamina EP Cepu, Badan Kerja sama Blok Cepu atas persetujuan SKK Migas dalam upaya mengajak masyarakat untuk menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat, terutama dalam pengelolaan sampah. Program ini dengan sasaran empat desa di Kecamatan Gayam, Bojonegoro. Yaitu, Gayam, Mojodelik, Ngraho, dan Sudu. (iwd/yok)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

IDFoS Indonesia © 2016 Frontier Theme
%d blogger menyukai ini: