Tumbuhkan Spirit Wirausaha untuk Memulai Bisnis

BOJONEGORO – Setelah sukses menyelenggarakan Seminar Kewirausahaan I dan II, ExxonMobil Cepu Limited (EMCL), operator Blok Cepu, bekerja sama dengan Institute Development of Society (IDFoS) Indonesia menghelat Seminar Kewirausahaan III.

Seminar Kewirausahaan III, yang bertemakan Kunci Sukses Bisnis diselenggarakan kemarin (30/9) di Ball Room Hotel Layung, Kecamatan Kalitidu. Seminar dimulai pukul 08.00 hingga 13.00 WIB.

Edvan M Kautsar memberikan motivasi kepada peserta seminar kewirausahaan (30/09/2015)

Edvan M Kautsar memberikan motivasi kepada peserta seminar kewirausahaan di Ballroom Hotel layung,Kalitidu(30/09/2015)

Direktur IDFoS Indonesia, Ahmad Taufiq mengatakan, Seminar Kewirausahaan III menghadirkan dua narasumber, lokal dan nasional. Untuk narasumber nasional, panitia mendatangkan Edvan Muhammad Kautsar, motivator muda asal Jakarta. ”Edvan seorang motivator muda, pengusaha, sekaligus dan penulis buku,” katanya.

Usaha yang digeluti Edvan mulai lembaga pelatihan entrepreneur berkarakter (The EMK Training), kuliner Kautsar Dimsum, serta membuka tempat bagi yang ingin bergabung menjadi agent di Kautsar Management (Agent of KM). Hingga, bisnis media (Majalah Entrepreneur Putih Abu) yang tergabung dalam Kautsar Group.

Sedangkan untuk narasumber lokal, yang bersifat testimoni akan disampaikan oleh Tata Budiman. Tata adalah inisiator yang membuat grup Etalase Online Bojonegoro. Tata juga membuka jasa pemasangan hotspot dan menjaul peripheral komputer seperti hardisc, CPU, dan lain sebagainya.

”Kami berharap, dengan kehadiran dua narasumber itu mampu memberi pemahaman kepada peserta tentang potensi diri, peluang usaha di wilayah Kabupaten Bojonegoro, dan cara memulai bisnis. Sehingga, mendorong mereka untuk memulai atau menekuni dunia wirausaha,” ujarnya.

Seminar Kewirausahaan III diikuti 64 peserta, 22 pria dan 42 perempuan. Mereka dari enam desa di wilayah Kecamatan Gayam. Yaitu, dari Desa Gayam, Mojodelik, Begadon, Cengungklung, Katur, Sudu, dan Beged.

Acara pembukaan seminar juga dihadiri Camat Gayam Hartono, sekaligus membuka acara, perwakilan Disnakertransos Joko Santoso, dan Beta Wicaksono, Public and Government Affair Advisor EMCL.

Camat Gayam menyambut positif pelaksanaan seminar kewirausahaan kemarin. Seminar kewirausahaan juga sangat membantu pemerintah dalam upaya menumbuhkan semangat warga untuk berwirausaha.

Sedangkan Beta mengatakan, seminar kewirausahaan adalah salah satu wujud perhatihan dan komitmen EMCL dalam memberdayakan masyarakat dalam bidang ekonomi. ”Saya berharap, dari seminar yang diselenggarakan akan muncul wirausahawan-wirausahawan sukses yang tangguh,” tuturnya.

EMCL melaksanakan Program Pendukung Operasi (PPO) itu atas persetujuan SKK Migas. EMCL sebagai operator Blok Cepu bersama Pertamina EP Cepu dan Badan Kerja Sama (BKS) Participating Interest (PI) Blok Cepu bekerja di bawah pengawasan dan pengendalian SKK Migas. Blok Cepu dioperatori oleh EMCL berdasarkan kontrak bagi hasil (Production Sharing Contract/PSC). (iwd)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

IDFoS Indonesia © 2016 Frontier Theme
%d bloggers like this: