Tim Juri Observasi Kawasan Bebas Sampah

Tim Juri berada di Gapura Depan Kawasan Bebas Sampah Desa Sudu

BOJONEGORO – Rabu (02/05/2018), Tim Juri Lomba Kawasan Bebas Sampah mengunjungi kawasan bebas sampah di tiga desa Kecamatan Gayam. Kunjungan tersebut dalam rangka penilaian Lomba Kawasan Bebas Sampah dalam Program Akses Sanitasi Bersama Masyarakat (AKSI SEHAT) 2017.

Lomba Kawasan Bebas Sampah dibagi menjadi beberapa kategori. Yakni, kategori  kawasan terbaik, kawasan terbersih, kelompok terbaik, dan rumah sehat terbaik.

Tim penilai kegiatan ini berjumlah tiga orang, yaitu 2 orang dari Dinas Lingkungan Hidup, dan 1 Orang  dari IDFoS Indonesia. Penilaian dilakukan dengan metode observasi langsung oleh Tim Juri.

Tiga desa yang mengikuti lomba tersebut yakni Desa Sudu Dusun Kembangan RT 2 / RW 5; Desa Ngraho Dusun Ngraho RT 9 / RW 2; Desa Mojodelik Dusun Gledekan RT 18 / RW 4.

Tim juri bersama pengurus kelompok pilah sampah

Tim Juri melihat hasil karya olahan sampah kelompok

Dalam lomba ini, aspek yang dinilai adalah aspek kebersihan, pengelolaan drainase, keteduhan, keindahan, kemanfaatan dan keaktifan kelompok pilah sampah.

Dengan adanya Lomba Kawasan Bebas Sampah, dapat diketahui sejauh mana aplikasi kawasan bebas sampah pada masing-masing desa serta sejauh mana kawasan tersebut sesuai dengan indikator-indikator ideal kawasan bebas sampah berdasarkan indikator-indikator GBB.

Kegiatan ini merupakan rangkaian Program Akses Sanitasi Bersama Masyarakat (AKSI SEHAT) 2017 yang difasilitasi oleh IDFoS Indonesia dan didukung penuh oleh ExxonMobil Cepu Ltd dan SKK Migas. (ika/yok)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

IDFoS Indonesia © 2016 Frontier Theme
%d bloggers like this: