Tim IDFoS-Pertamina EP Cepu Cek Lokasi Kandang Ayam

Lokasi tanah yang rencananya akan dijadikan sebagai lahan pembuatan kandang usaha ayam petelur BUMDesa Bandungrejo

BOJONEGORO – Pada Selasa (09/01/2018), tim IDFoS Indonesia bersama Pertamina EP Cepu (PEPC) mengecek lokasi tanah yang rencananya akan dijadikan sebagai lahan pembuatan kandang usaha ayam petelur BUMDesa Bandungrejo.

Ini merupakan rangkaian kegiatan yang harus dilakukan dalam program kerja sama Pertamina EP Cepu dengan IDFoS Indonesia, yaitu Program Peningkatan Mata Pencaharian Masyarakat Berbasis Pertanian, Peternakan, dan Perikanan Melalui Optimalisasi Peran Bisnis BUMDesa di Desa Bandungrejo, Kecamatan Ngasem, Bojonegoro.

Tim IDFoS Indonesia, yang terdiri dari Rizal, Puput, dan Ida, bersama tim Pertamina EP Cepu (Edi Arto dan Ismail) ditemani perangkat desa Bandungrejo serta ketua BUMDesa Bandungrejo melihat lokasi tanah tersebut di Desa Bandungrejo RT 25 RW 08 Kecamatan Ngasem Kabupaten Bojonegoro.

Luas tanah yang akan dijadikan kandang ayam petelur adalah ± 3000 m². Tujuan kunjungan lokasi tersebut untuk melihat lahan yang akan dijadikan kandang usaha ayam petelur BUMDesa Bandungrejo.

Terkait dengan status tanah tersebut, awalnya adalah tanah kas desa (tanah gege) yang sekarang dikelola oleh petani setempat. Status tanah tersebut nantinya akan dipindahkan dari tanah yang awalnya aset Desa Bandungrejo menjadi aset BUMDesa Bandungrejo

Menurut Supriadi, sekretaris Desa Bandungrejo, lahan tersebut cukup strategis apabila dijadikan kandang usaha ayam petelur karena lokasinya yang dekat dengan akses jalan serta dekat dengan sumber air.

Edi Arto selaku tim dari Pertaminan EP Cepu juga mengatakan hal yang sama usai melihat lokasi tersebut. “Kalau memang yang direkomendasikan dari desa di sini sih, kalau dari sisi fleksibilitas kami insyaAllah sangat cukup dan sangat memungkinkan. Tinggal nanti kita kembalikan ke desa, kalau memang nanti disini ya kita akan bentuk sebuah kesepakatannya” jelas Edi Arto dari Pertamina EP Cepu, Selasa (09/01/2018).

Batasan dari lokasi tersebut yaitu sebelah utara adalah pemukiman warga Desa Bandungrejo. Di sekitar lahan tersebut hanya ada tiga rumah warga yang dekat dengan lokasi, yang berjarak kurang dari 100 meter dan pemukiman warga yang lain berjarak lebih dari 100 meter.

Untuk sebelah timur adalah sungai serta sawah-sawah. Sebelah selatan ada sawah-sawah. Sebelah barat, akses jalan. Sedangkan untuk sumber air, warga sekitar biasanya mengebor sumber air dari lokasi tersebut sehingga untuk kebutuhan air tidak akan menjadi masalah dalam usaha ayam petelur. Terkait masalah mengebor sumber air cukup kedalaman 10 – 12 meter, kadang kedalaman 6 meter juga sudah cukup.

Kemudian untuk tahapan selanjutnya, tim Pertamina EP Cepu, Tim IDFoS Indonesia, Pemerintah Desa Bandungrejo serta pengurus BUMDesa Bandungrejo akan melakukan musyawarah desa (Musdes) yang akan dijadwalkan segera untuk terlaksananya program bersama ini. (ika/yok)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

IDFoS Indonesia © 2016 Frontier Theme
%d bloggers like this: