Tiga Desa Sasaran Terima Bantuan Komposter

BOJONEGORO – Kelompok Rumah Tangga Pilah Sampah (KRT Pisah) di Kecamatan Gayam, masing-masing Desa Mojodelik, Ngraho, dan Sudu menerima bantuan alat pengolahan sampah berupa komposter dari ExxonMobil Cepu Ltd.

Sarana tersebut disalurkan langsung kepada kelompok oleh Rizal Zubad selaku manajer Program Aksi Sehat. Penyerahan dilaksanakan pada Minggu (29/04/2018) di halaman rumah pengurus kelompok pilah sampah di masing-masing desa.

Sebelumnya, pada pertengahan bulan April telah dilakukan kampanye terkait pengolahan sampah organik di tiga desa sasaran. Tujuannya, agar masyarakat mengetahui jenis sampah organik yang baik untuk dijadikan pupuk cair.

Selain itu juga dalam acara yang sama, peserta kampanye diajarkan cara mengelola sampah organik menggunakan alat komposter dengan benar dan cara mengaplikasikan pupuk cair tersebut. Peserta kampanye berjumlah 30 orang di setiap desa dari unsur anggota KRT Pisah yang ikut menimbang sampah.

Penimbangan sampah dilakukan setiap satu bulan sekali. Sampah organik berupa daun dan sisa bahan makanan, nantinya akan dimanfaatkan menjadi pupuk cair melalui proses pembusukan dengan komposter. Sedangkan untuk sampah nonorganik, seperti kardus, duplex, dan sebagainya menjadi sampah yang layak jual.

Sampah yang bernilai jual akan diberi harga dan dicatat dalam buku tabungan. Di mana hasil menabung sampah tersebut bisa dicairkan pada waktu  sebelum lebaran.

Dengan demikian, tentunya selain sehat, pendapatan pun ikut meningkat, juga dapat menjadikan lingkungan sekitar rumah menjadi lebih bersih, bebas sampah, asri, dan lebih nyaman sesuai fokus Program Aksi Sehat, kerja sama Institute Development of Society (IDFoS) dengan ExxonMobil Cepu Limited (EMCL) untuk mengembangkan kawasan bebas sampah. (yok/ika)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

IDFoS Indonesia © 2016 Frontier Theme
%d bloggers like this: