Tiga Desa FGD Pemerintahan Terbuka

Desa dampingan dari Program Patra Daya menggelar Focus Group Discussion FGD terkait Pemerintahan Desa Terbuka

 

TUBAN – Desa dampingan dari Program Aksi Kemitraan untuk Pemberdayaan Masyarakat (Patra Daya), yaitu Desa Karangagung, Glodog, dan Pucangan menggelar Focus Group Discussion (FGD/diskusi kelompok terfokus) di kantor desa setempat beberapa waktu lalu. Agendanya, terkait Pemerintahan Desa Terbuka.

Ketiga desa itu berada di kecamatan Palang, Kabupaten Tuban. Ketiganya merupakan desa pertama di Tuban yang menerapkan Open Government Partnership (OGP/Pemerintahan terbuka). FGD bertujuan untuk mengetahui sejauh mana tata kelola pemerintahan di tiga Pemerintah Desa tersebut.

Diskusi kelompok terfokus dari masing-masing desa diikuti oleh Kades, beberapa perangkat desa, tokoh masyarakat, perwakilan PKK, Karang Taruna, Tim Pelaksana Pembangunan (TPP) dan tim pendamping dari IDFoS Indonesia.

Dalam FGD dibahas seputar pengelolaan aset desa, publikasi informasi desa (APBDes dan LPD), termasuk media dan sarana yang digunakan, dokumen perencanaan pembangunan dan keuangan yang sesuai undang-undang, pengukuran kepuasan pelayanan, keterlibatan masyarakat dalam pembangunan dan perencanaan, adanya forum dialog terbuka, dan lainnya.

Sebagai organisasi masyarakat sipil, IDFoS Indonesia turut berkontribusi melanjutkan dan mendukung diterapkannya Open Government Partnership (OGP). Yakni, program tata kelola pemerintahan desa yang transparan, akuntabel, partisipatif dan inovatif.

Dari hasil diskusi tersebut harapannya dapat diperoleh potret desa dampingan mengenai tata kelola pemerintahan desa yang ke depannya bisa ditentukan bentuk dan tema peningkatan peningkatan kapasitas bagi aparatur dan masyarakat desa. (ika/yok)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

IDFoS Indonesia © 2016 Frontier Theme
%d bloggers like this: