Syukuran Pendirian Rumah Kandang Ayam BUMDesa

syukuran dalam rangka pendirian rumah kandang ayam petelur BUMDesa Makmur Rejo

BOJONEGORO – Sabtu, 7 April 2018 pukul 09.30 WIB, berlangsung acara syukuran dalam rangka pendirian rumah kandang ayam petelur BUMDesa Makmur Rejo Desa Bandungrejo, Kecamatan Ngasem, Kabupaten Bojonegoro.

Hal tersebut merupakan rangkaian kegiatan Program Peningkatan Mata Pencaharian Masyarakat Berbasis Pertanian, Peternakan dan Perikanan Melalui Optimalisasi Peran Bisnis BUMDes yang difasilitasi IDFoS Indonesia didukung Pertamina EP Cepu.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh berbagai pihak. Antara lain, Kepala Desa Bandungrejo, Perangkat Desa Bandungrejo, anggota BPD, tokoh masyarakat, pengurus BUMDesa Makmur Rejo, tim Institute Development oF Society (IDFoS) Indonesia (Joko, Lely, Ida, Puput) beserta tim Pertamina EP Cepu (Edi Arto).

Pendirian rumah kandang ayam petelur

Tujuan syukuran tersebut untuk selametan atau shodaqoh sebagai bentuk rasa syukur. Hal tersebut sudah menjadi tradisi di Desa Bandungrejo untuk melakukan syukuran atau bancakan (dalam bahasa Jawa) ketika mendirikan atau membangun rumah. Syukuran berlangsung di lokasi kandang ayam petelur BUMDesa Bandungrejo.

Syukuran ini dipimpin oleh Jayus selaku perangkat desa (Modin). Diawali dengan pembukaan, orang yang akrab disapa Mbah Modin ini menjelaskan maksud dan tujuan dari acara syukuran.

“Monggo sedoyo ndungakaken pembangunan kandang pitik mugi-mugi lancar dan sukses usahane (mari kita semua mendoakan agar pembangunan kandang ayam lancar dan sukses usahanya),” ajaknya.

Usai pembukaan, acara dilanjut dengan pembacaan doa. Setelah prosesi syukuran selesai, semua orang yang hadir dalam syukuran dipersilahkan makan bersama.

Di acara ini, kepala desa Bandungrejo berharap, “dengan acara selametan pendirian kandang ayam ini kedepannya usaha yang sudah direncanakan BUMDesa Makmur Rejo ini bisa mendorong pendapatan asli desa dan bermanfaat untuk masyarakat Bandungrejo. Serta bisa menyerap tenaga kerja yang ada di desa,” jelas Pak Sapani.

Dalam tradisi atau adat di Desa Bandungrejo, syukuran atau bancaan tersebut menggunakan panggang ayam beserta nasi dan lauk pauk. Selain itu juga disiapkan cok bakal serta jenang abang (jenang merah). Dengan adanya syukuran, diharapkan memberi manfaat dan keselamatan bagi usaha ayam petelur BUMDes Makmur Rejo di Desa Bandungrejo, Kecamatan Ngasem, Kabupaten Bojonegoro. (ida/ika)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

IDFoS Indonesia © 2016 Frontier Theme
%d bloggers like this: