Sosialisasi Program PAS di Desa Ngraho

BOJONEGORO – Minggu, 13 Desember 2015, telah dilaksanakan rembug warga desa sosialiasi Program Akses Sanitasi Bersama Masyarakat (PAS) di Desa Ngraho, Kecamatan Gayam. Bertempat di balai desa setempat, sosialisasi ini merupakan yang pertama dilakukan dalam Program Aksi Sehat.

Dimulai sekitar pukul 11.00 WIB, acara dihadiri oleh Kepala Desa Ngraho Samad. Serta, diikuti 27 warga dari unsur perangkat desa, RT dan RW, PKK, pemuda, serta tokoh masyarakat.

Kagiatan rembug warga sosialisasi dilaksanakan untuk memberikan informasi dan pemahaman kepada masyarakat terkait Program PAS. “Ngraho menjadi desa pertama yang mengadakan sosialisai Program PAS. Selain Ngraho, ada 3 desa lagi yakni Mojodelik, Gayam, dan Sudu,” kata Manajer Program PAS, A. Eko T.

”Dengan dilaksanakannya kegiatan sosialisasi desa, diharapkan warga mengetahuinya dan bisa bekerja sama untuk saling mendukung jalannya kegiatan,” lanjutnya.

Sosialisasi diawali dengan sambutan Kades Ngraho, Samad dilanjutkan sambutan dari manajer program. Kemudian, penjelasan program DSC_0283 (FILEminimizer)yang disampaikan pendamping pemberdayaan masyarakat Rika Wulandari. Di sesi terakhir, warga diberikan kesempatan untuk tanya jawab terkait pelaksanaan program.

Kades Ngraho Samad dalam sambutannya mengungkapkan, Program PAS ini menekankan pada partisipasi warga. “Kami selaku pemerintah desa mohon kerja samanya kepada masyarakat untuk mendukung jalannya program. Warga bisa ikut serta mengikuti seluruh kegiatan dalam program ini dengan baik,” katanya.

Program Aksi Sehat merupakan program kerja sama Institute Development of Society (IDFoS) Indonesia dengan ExxonMobil Cepu Limited, Pertamina EP Cepu, Badan Kerja sama Blok Cepu atas persetujuan SKK Migas dalam upaya mengajak masyarakat untuk menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat, terutama dalam pengelolaan sampah. (iwd/yok)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

IDFoS Indonesia © 2016 Frontier Theme
%d bloggers like this: