SMP Negeri 3 Bojonegoro Sosialisasikan Cek SekolahKu

BOJONEGORO – SMP Negeri 1, 3, dan 5 Bojonegoro adalah tiga sekolah yang dijadikan pilot project penerapan Cek SekolahKu di Bojonegoro. Sebagai tahapan awal, SMP Negeri 3 Bojonegoro mengawalinya dengan sosialisasi yang diselenggarakan pada Jumat (21/10) di aula pertemuan SMPN 3.Hadir dalam acara tersebut  perwakilam Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Bojonegoro, Kepala SMPN 3, komite sekolah, wali murid, perwakilan siswa, dan SMPN 3 Bojonegoro yang di fasilitasi oleh IDFoS bersama Transparansi Internasional Indonesia (TII).

Perwakilan Disdik Bojonegoro, sebagaimana dikutip Ainun Naim MR, koordinator program Cek SekolahKu, implementasi Cek Sekolahku ini mengacu pada konsep OGP (Open Government Partnership) yang juga dilaksanakan oleh Pemkab Bojonegoro.

“Pertama dalam pengelolaan Cek Sekolahku kita mengacu pada program pemkab merujuk pada empat poin dalam OGP, yakni transparansi, akuntabilitas, partisipasi, dan inovasi. Itu sebagaimana yang disampaikan oleh pihak Diknas,” tutur Naim.

Sementara itu, Kepala SMPN 3 Bojonegoro Sri Suhartini, dalam sambutannya menyampaikan harapannya dengan penerapan Cek SekolahKu di sekolah yang dipimpinnya.

“Dengan Cek Sekolahku ini harapannya sekolah semakin mendapatkan manfaat yang mana kita selaku dewan guru tugas kami menjadi lebih ringan. Dalam pengelolaannya semua pihak akan mengawasi dan menunjukkan mana kekurangannya yang ada,” ujarnya seperti ditirukan oleh Naim.

Pihaknya juga berharap Cek Sekolahku ini tidak hanya kritikan atau kekurangan yang harus disampaikan. Namun, juga apresiasi terhadap apa yang  sudah dilakukan pihak sekolah.

Sosialisasi Cek Sekolahku juga dirangkai dengan pembentukan agen sekolah. Yakni, sebuah forum yang merupakan kolaborasi beberapa pihak seperti dewan guru, perwakilan sekolah, komite dan wali murid. Harapannya,  agen sekolah ini nantinya  sebagai filter yang akan mem-back up semua kegiatan sekolah, yang lebih khusus menangani masalah pengaduan. (iwd/yok)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

IDFoS Indonesia © 2016 Frontier Theme
%d bloggers like this: