Siswa Kelas tiga,empat,lima dan Enam SDN Ngumpakdalem semangat ikuti Penyuluhan

IMG_20150804_084547

Salah seorang siswa mempraktekkan cara mencuci tangan dengan benar dibimbing tim PHBS dari IDFoS

Penyuluhan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) yang di lakukan oleh IDFoS kepada siswa siswa SDN Ngumpakdalem nampaknya cukup berhasil. Terlihat dari antusiasme para siswa saat mengikuti jalannya kegiatan. Penyuluhan yang dilakukan Sabtu, 1 Agustus kemarin menyasar pada empat kelas yakni kelas tiga, empat, lima dan enam.

Difasilitatori oleh pendamping PHBS dari IDFoS dan stikes ICSADA siswa- siswa tersebut terlihat begitu antusias mengikuti acara. Dimulai dengan game berhadiah, siswa diberikan pertanyaan- pertanyaan terkait pola hidup bersih dan sehat oleh fasilitator, kemudian dilanjutkan pemberian materi terkait PHBS seperti CPTS, gaya hidup bersih dan sehat, memeriksa jentik nyamuk, jajan sehat dikantin sekolah, cara cuci tangan yang benar. Selain itu juga disampaikan materi jangan buang sampah sembarangan serta materi tentang sampah seperti jenis sampah, akibat negatif sampah, hingga kenapa sampah- sampah tersebut harus dipilah. Pada saat penyampaian materi, fasilitator juga mengajak siswa untuk praktek seperti misalnya cara benar mencuci tangan. Seorang siswa maju didepan kelas untuk mempraktekkan bagaimana caranya mencuci tangan dengan benar yang dibimbing oleh fasilitator. Selain itu siswa- siswa tersebut juga diajak untuk menonton film dokumenter tentang sampah dan juga bernyanyi bersama lagu karangan kak Yudhi yang berjudul “Jangan Buang Sampah Sembarangan”

Dengan rangkaian acara penyuluhan yang tidak terlalu monoton, diharapkan akan lebih mudah untuk memberikan materi khususnya tentang Pola Hidup Bersih dan Sehat, supaya siswa- siswa dapat lebih mudah untuk menerima nilai- nilai  apa yang ingin ditanamkan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

IDFoS Indonesia © 2016 Frontier Theme
%d bloggers like this: