Sempatkan Kunjungi Control Atmosphere Storage (CAS)

 

BOJONEGORO – Di Training Centre (Pusat Pelatihan) bawang merah Kelompok Tani Mekar Jaya Brebes, peserta studi banding Kelompok Tani Mekarsari Desa Bulu, Bojonegoro pada hari kedua Rabu (18/12/2018) mendapat kesempatan untuk belajar langsung di lapangan (lahan budidaya bawang merah).

Lahan budidaya tersebut, terletak di Desa Siasem, Kecamatan Wanasari, Kabupaten Brebes. Disana rombongan studi banding bisa mengamati langsung kondisi tanaman bawang merah Kelompok Tani Mekar Jaya.

Dari situ kelompok tani dari koperasi Mekarsari Makmur Sejahtera bisa mendapat informasi terkait kondisi bawang merah serta waktu yang tepat untuk memanen bawang merah yang telah ditanam.

Lahan budidaya bawang merah di Desa Siasem, Kecamatan Wanasari, Kabupaten Brebes

Usai mengunjungi lahan budidaya, peserta melanjutkan kunjungannya ke lokasi penyimpanan bawang merah milik Bulog yang berada di Desa Klampok Kecamatan Wanasari, Kabupaten Brebes.

Di lokasi tersebut, peserta studi banding bisa mengamati langsung kondisi bawang merah di simpan di tempat penyimpanan yang bisa bertahan hingga 6 bulan. Dimana tempat penyimpanan tersebut bisa berguna untuk pengawetan bawang merah agar bisa tahan lama.

Selain untuk Bawang merah, tempat penyimpanan itu juga bisa untuk menyimpan buah-buahan seperti anggur, mangga dll. Nama tempat penyimpanan tersebut adalah CAS (Control Atmosphere Storage) merupakan alat penyimpanan komoditi paling mutakhir dengan memadukan teknologi pendingin (refrigerator), pengontrol RH, O2, CO2, N2, ethylene.

Setelah belajar penyimpanan bawang merah, peserta studi banding menuju ke wisata Guci Tegal. Guci tegal merupakan daerah pegunungan tempat pembibitan TSS bawang merah. Disana para peserta dapat melihat langsung proses dari pembibitan TSS bawang merah yang berasal dari bunga tanaman bawang merah. Perlu diketahui bahwa proses pembibitan itu hanya dapat dilakukan didaerah pegunungan saja.

Studi Banding Klaster bawang merah ini dilaksanakan oleh Bank Indonesia dan difasilitasi oleh Institute Development of Society (IDFoS) Indonesia dalam Program Pengembangan Klaster Bawang Merah di Bojonegoro. (ika/yok)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

IDFoS Indonesia © 2016 Frontier Theme
%d bloggers like this: