Rembug Warga, Cermin Keterbukaan Pembangunan Program Patra Daya

Suasana Pelaporan LPJ program Patra Daya Desa Pucangan Kecamatan Palang Tuban

 

BOJONEGORO – Tim Pelaksana Pembangunan (TPP) Desa Pucangan, Kecamatan Palang, Tuban mengadakan laporan pertanggungjawaban (LPJ) dalam rembug warga pertanggungjawaban Program Aksi Kemitraan untuk Pemberdayaan Masyarakat (Patra Daya). Rembug warga yang dilaksanakan pada Jum’at (10/03/2017) berjalan dengan lancar.
Acara dimulai pukul 14.00 WIB dan dilaksanakan di kantor balai desa setempat. Rembug warga dihadiri oleh kurang lebih 40 orang dari berbagai unsur.
Seperti perangkat desa, perwakilan RT dan RW, perwakilan pemuda, panitia TPP, tokoh masyarakat, BPD, PKK dan pendamping program Patra Daya IDFoS Indonesia.
Diawali dengan sambutan dari Syafi’I selaku Kades. Dia menyampaikan rasa syukurnya atas pelaksanaan program yang berjalan sesuai rencana.
Syafi’i mengatakan, pembangunan gedung kelembagaan yang saat ini masih 50 persen dapat dituntaskan. Pihaknya berharap, kekurangan dana untuk pembangunan selanjutnya bisa difasilitasi lagi oleh EMCL.
Usai sambutan Kades, dilanjutkan sambutan Ketua BPD. Dalam sambutannya dia menyampaikan apresiasinya kepada TPP. Dan berharap di tahun 2017 ada lagi CSR dari EMCL untuk melanjutkan pembangunan gedung kelembagaan tersebut.
Kemudian, dilanjutkan dengan penyampaian laporan pertanggungjawaban oleh Ketua TPP Desa Pucangan, Ade Ima Silviana. LPJ berupa paparan tentang penggunaan dana pembangunan gedung kelembagaan dan juga rangkaian kegiatan dari sosialisasi, musyawarah perencanaan sampai pelaksanaan pembangunan.
Setelah penyampaian LPJ, warga yang hadir diminta memberikan masukan, pertanyaan dan komentar atas program yang telah dijalankan TPP setempat.
Dari masukan-masukan, disepakati bahwa warga berharap pembangunan secepatnya dilanjutkan lagi. Supaya dapat digunakan sebagaimana mestinya oleh warga.
Acara diakhiri dengan serah terima program Patra Daya dan dokumen LPJ secara simbolis oleh Pendamping Program Patra Daya kepada Kades dan didampingi oleh Ketua TPP. Dilanjutkan dengan pemotongan tumpeng oleh Kades, sebagai rasa syukur atas terlaksananya program Patra Daya.
Patra Daya merupakan program kemasyarakatan yang didampingi IDFoS dan didukung oleh ExxonMobil Cepu Limited, Pertamina EP Cepu, Badan Kerja sama Blok Cepu di bawah pengawasan dan pengendalian SKK Migas. (ika/yok)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

IDFoS Indonesia © 2016 Frontier Theme
%d bloggers like this: