Program Persampahan Ikuti Pameran Hari Lingkungan Hidup

BOJONEGORO – Institute Development of Society (IDFoS) mengikuti pameran dalam rangka Hari Lingkungan Hidup dan Hari Cinta Puspa, yang diselenggarakan oleh Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kabupaten Bojonegoro, Rabu (11/11/2015). Pameran berlangsung di kawasan Tempat Penimbunan Kayu (TPK), Jl. Monginsidi, Desa Sukorejo, Bojonegoro.

12208671_1656316674646466_9064908229002290234_n

Pameran pengelolaan sampah memperingati hari lingkungan hidup di Kawasan penimbunan kayu TPK

Dalam pameran tersebut, IDFoS yang mewakili ExxonMobil Cepu Limited (EMCL), sebagai NGO mitra mengusung program terkait lingkungan. Yakni, program persampahan untuk ekonomi alternatif.

Di stan pameran, IDFoS menampilkan miniatur pengolahan sampah yang terdapat replika rumah warga. Di setiap rumah terdapat dua tempat sampah sebagai pembuangan, yakni sampah organik dan nonorganik dengan warna hijau dan kuning.

Selain rumah, juga ada replika tempat pengolahan sampah akhir “Mpok Damira”, kelompok usaha olah sampah Dalem Mandiri Sejahtera yang didampingi oleh IDFoS.

Miniatur pengelolaan sampah tersebut menggambarkan tentang mekanisme pengelolaan sampah yang saat ini dijalankan di Desa Ngumpakdalem, Kecamatan Dander. Dimulai dari pemilihan dan pemilahan sampah dari rumah tangga.

Kemudian, sampah tersebut diambil oleh tim pengambil sampah ”Mpok Damira”, untuk dibawa ke tempat pengolahan sampah. Selanjutnya, sampah dipilih antara sampah organik dan nonorganik.

Untuk sampah organik yang terdiri dari dedaunan, sayuran, dan bahan organik lainnya dimasukkan ke dalam mesin komposter untuk diolah menjadi pupuk organik. Sedangkan sampah nonorganik yang layak jual, seperti plastik, diolah menjadi bijih plastik dengan mesin pencacah.

Replika tersebut dipamerkan untuk menunjukkan pada pengunjung, baik siswa maupun masyarakat umum, tentang mekanisme pengelolaan sampah, program yang saat ini didampingi oleh IDFoS.

Selain IDFoS, pameran yang dibuka langsung oleh Bupati Bojonegoro, H. Suyoto, tersebut juga diikuti oleh perwakilan sekolah tingkat SMP dan SMA/SMK, perusahaan, serta masyarakat umum. (iwd)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

IDFoS Indonesia © 2016 Frontier Theme
%d bloggers like this: