Program Gerakan Wirausaha Sukses Berdikari

Program Wirausaha Sukses Berdikari

Pada tahun 2015 IDFoS Indonesia kembali berkerja sama dengan operator Blok Cepu Exxon Mobil cepu Limited dalam program “Wirausaha Sukses Berdikari” program tersebut merupakan program yang digagas untuk mencetak wirausaha wirausaha baru di kabupaten Bojonegoro dengan perwujudan peningkatan pengetahuan kewirausahaan penduduk usia produktif

Kegiatan Program

Ada 3 (tiga) kegiatan utama dalam program Wirausaha Sukses berdikari ini antara lain, Seminar Kewirausahaan, Pelatihan memulai usaha, pendampingan, dan Pameran wirausaha.

  1. Seminar Kewirausahaan

Jumlah Peserta    : 60 orang/sesi

Durasi Seminar    : 5 Sesi

Sesuai dengan agendanya pada program ini akan dimulai dengan Seminar Kewirausahaan yaitu media untuk memberikan wawasan, pengetahuan dan motivasi kepada masyarakat untuk berwirausaha. Pada seminar kewirausahaan ini akan digelar dalam 5 sesi berturut turut dengan menghadirkan Motivator Nasional dan juga kisah sukses pengusaha lokal asli Bojonegoro disetiap sesinya. Pada pelaksanaanya seminar kewirausahaan pada sesi I dan II dengan tema “Berani Kreatif Bikin Bisnis” menghadirkan motivator nasional asal Yohyakarta Saptuari Sugiharto yang merupakan pengusaha digital sablon, pengusaha kuliner dan penulis buku, untuk motivator lokal menghadirkan kisah sukses pebisnis asli Bojonegoro pengusaha cacing asal Temayang Aris Risanto. Pada seminar kewirausahaan sesi III dengan tema “Kunci Sukses Bisnis” menghadirkan motivator muda nasional Edvan M. Kautsar dengan motivator lokal pengusaha internet dan jaringan Tata Budiman, sementara pada seminar kewirausahaan IV kembali menghadirkan motivator Saptuari Sugiharto dan motivator lokal pengusaha Es Teler asli Bojonegoro Sambri dan seminar kewirausahaan Sesi V Saptuari kembali memberikan motivasi pada seminar tersebut dengan kisah sukses pengusaha lokal Thoif Alfajar yang merupakan pengusaha konveksi.

  1. Pelatihan Memulai Bisnis

Yaitu pelatihan yang diberikan kepada 20 peserta hasil menyeleksi seluruh peserta seminar kewirausahaan dari masing-masing sesinya. Dalam pelatihan ini dilakukan 20 peserta tersebut akan diberikan pelatihan cara cara memulai usaha. Pada pelaksanaanya pelatihan memulai usaha ini telah dilakukan pada tanggal 24-26 November bertempat di hotel Dewarna Bojonegoro, dengan menghadirkan fasilitator bisnis Sugeng H. Dari lembaga konsultan bisnis SIGNIFICANT asal kota Malang. Pembukaan pelatihan memulai bisnis tersebut dibuka dengan rangkaian seminar kewirausahaan dengan menghadirkan narasumber dosen Enterpreneurship IPB Bandung, Sri Bawono.

  1. Pendampingan

20 Peserta yang mengikuti pelatihan Memulai Bisnis nantinya akan dipilih 5 orang dengan Bisnis plan terbaik, dari 5 orang tersebut akan didampingi oleh pendamping wirausaha dari IDFoS untuk langsung memulai apa yang direncanakan dalam Bisnis Plan mereka.

  1. Pameran Wirausaha

Adalah kegiatan untuk memamerkan produk hasil usaha mitra binaan EMCL, dalam pameran ini nantinya bukan hanya menampilkan produk dari 5 orang yang didampingi bisnis tapi juga pengusaha pengusaha yang didampingi oleh mitra EMCL lainnya seperti Bina Swadaya, Mercy Corp., Kopernik dan IDFoS

Sasaran program

Program Wirausaha Sukses berdikari ini ditujukan bagi warga usia produktif dari 12 desa di kacamatan gayam, dan masyarakat Bojonegoro.

Periode program

Seluruh rangkaian program Wirausaha Sukses Berdikari ini berlangsung mulai bulan Agustus hingga Desember 2015

Updated: December 28, 2015 — 4:19 PM

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

IDFoS Indonesia © 2016 Frontier Theme
%d bloggers like this: