Perlu Dukungan Banyak Pihak untuk Wujudkan Masyarakat Sehat

BOJONEGORO – Program Akses Sanitasi Bersama Masyarakat (Aksi Sehat) memasuki tahapan kampanye di masyarakat. Setelah berkoordinasi dengan pemerintah desa lokasi program, kegiatan selanjutnya adalah melakukan kampanye di masyarakat.

Kampanye yang dilakukan oleh tim manajemen IDFoS Indonesia menyasar di forum -forum yang ada di masyarakat. Seperti, Karang Taruna, PKK, tahlil ibu-ibu dan bapak-bapak, serta acara lain di desa.

Selain dengan metode sosialisasi, kampanye juga dilakukan dengan pemicuan. Yakni, salah satu metode untuk mengubah perilaku masyarakat dengan beberapa elemen, seperti rasa malu, rasa takut, dan lainnya.

Dalam pelaksanaan kampanye, hingga kini terus dilakukan koordinasi dengan berbagai pihak. Selain dengan pemerintah desa , juga berkoordinasi dengan institusi kesehatan Puskesmas di wilayah Gayam, untuk mengharapkan dukungannya.

Manajer Program Aksi Sehat A. Eko Tristiyanto mengungkapkan, dalam pelaksanaannya, Program Aksi Sehat membutuhkan dukungan dari banyak pihak. Seperti pihak pemerintah desa, kecamatan, dan institusi kesehatan seperti Puskesmas.

“Untuk mengubah kebiasaan masyarakat memulai hidup bersih dan sehat, memerlukan dukungan dari banyak stakeholder, baik pemdes, kecamatan, dan institusi kesehatan seperti Puskesmas. Karena dalam berkampanye tidak cukup jika hanya dilakukan oleh tim manajemen, namun untuk lebih mengena di masyarakat, perlu peran serta dari pihak puskesmas juga,” terangnya. (iwd)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

IDFoS Indonesia © 2016 Frontier Theme
%d bloggers like this: