Penguatan Kapasitas Melalui Sekolah Bareng HIPPAM

Proses pelatihan penguatan kapasitas BUMDesa Jatimulyo

BOJONEGORO – Rangkaian dari Program Pelatihan Penguatan Organisasi dan Peningkatan Kapasitas Pengelola Akses Air Bersih Desa Jatimulyo, Kecamatan Tambakrejo adalah penguatan kapasitas BUMDesa Jatimulyo selaku pengelola HIPPAM. Kegiatan dilaksanakan di kediaman bendahara BUMDesa Junaedi, pada hari Kamis (12/01/2017).

Kegiatan penguatan kelembagaan yang dilakukan satu kali dalam seminggu ini dinamakan Sekolah Bareng. Tujuannya untuk menindak lanjuti bantuan saluran air bersih yang dikeluarkan oleh Pertamina EP Cepu. Rata-rata yang hadir 8 orang dalam setiap pertemuan, ini merupakan pertemuan yang kelima.

Penguatan kapasitas dilaksanakan untuk meningkatkan kemampuan dan penguatan manajemen pengelola air bersih berbasis teknologi. Harapannya adalah meningkatkan tata kelola usaha air bersih (HIPPAM) di Desa Jatimulyo.

Penguatan kapasitas yang diberikan berupa pelatihan dan asistensi komputer serta pembukuan. Dengan salah satu output-nya adalah terbentuknya SOP.

Melalui kegiatan Sekolah Bareng tersebut, hal-hal yang dipersiapkan utuk penerapan sistem yang baru yaitu mulai dari cara penagihan, pencatatan, dan pelaporan administrasi keuangan.

Program Pelatihan, Penguatan Organisasi dan Peningkatan Kapasitas Pengelola Akses Air Bersih Desa merupakan program corporate social responsibility (CSR) Pertamina EP Cepu bekerja sama dengan IDFoS Indonesia. (ika/yok)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

IDFoS Indonesia © 2016 Frontier Theme
%d bloggers like this: