Musdes Pengembangan Bumdes Bandungrejo

Rapat penandatangan nota kesepakatan antara pihak desa, PEPC dan Dinas terkait.

 

BOJONEGORO – Pemerintah Desa Bandungrejo, Kecamatan Ngasem menggelar Rapat Para Pihak Pengembangan BUMDes dalam program Peningkatan Mata Pencaharian Masyarakat Berbasis Pertanian, Peternakan, dan Perikanan Melalui Optimalisasi Peran Bisnis BUMDesa. Kegiatan ini difasilitasi oleh IDFos Indonesia dan didukung oleh Pertamina EP Cepu.

Acara yang dikemas dalam musyawarah desa tersebut dilaksanakan di balai Desa Bandungrejo, Kecamatan Ngasem, Bojonegoro, pada Jum’at (26/01/2018).

Dalam pertemuan itu dilaksanakan pula penandatanganan nota kesepakatan antara pihak desa, PEPC, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD), Kecamatan Ngasem dan Dinas Peternakan dan perikanan yang sekaligus disaksikan oleh 15 anggota BUMDes Bandungrejo.

Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk penandatanganan MoU dan membahas komitmen bersama dari masing-masing stakeholder yang hadir demi kemajuan BUMDes ke depan.

Acara dimulai pukul 10.00 WIB, dan diawali dengan sambutan dari Kepala Desa Bandungrejo, Sapani. Di sela sambutannya dia berharap ke depan program BUMDes ini bisa berjalan dan terealisasikan dengan baik sehingga nantinya mengarah keperekonomian masyarakat Bandungrejo.

Dalam hal ini, pemerintah desa memberikan dukungan berupa lahan untuk kandang dengan luas ±3000m² (tiga ribu meter persegi). Serta, memberikan kontribusi modal awal pendirian BUMDesa sejumlah Rp 20.000.000.

Selanjutnya disambung dengan sambutan dari PEPC, Sekretaris Kecamatan Ngasem, Dinas Peternakan dan Perikanan, Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa dan yang terahir Direktur IDFoS Indonesia.

Pihak Kecamatan Ngasem nantinya akan memandu bagaimana membuat pemisahan aset desa (lahan yang digunakan BUMDes) dan peraturan desa, serta bagaimana nanti pengesahan dan lain sebagainya.

Harapannya, Dinas Peternakan dan Pertanian dapat memberikan fasilitasi teknis atau apapun. Mungkin nanti ada pelatihan dari dinas peternakan kepada pengurus BUMDesa. Kemudian, Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa juga dapat mendampingi. (ika/yok)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

IDFoS Indonesia © 2016 Frontier Theme
%d bloggers like this: