Musdes Pembentukan FORMA 3P

Sambutan oleh Manager Program Mama Asih, Ainun Na’im dalam pembentukan forum Masyarakat peduli Puskesmas.

 

BOJONEGORO – Program MAMA ASIH, kerja sama Institute Decvelopment of Society (IDFoS) Indonesia dan ExxonMobil Cepu Limited (EMCL) merupakan wujud dari Open Government Partnership (OGP) dalam bidang pelayanan kesehatan.

Terkait dengan itu, Puskesmas Pungpungan, Kecamatan Kalitidu pada Rabu (22/03/2017) melaksanakan musyawarah dan pembentukan Forum Masyarakat Peduli Puskesmas di Balai Desa Pungpungan, Kecamatan Kalitidu, Bojonegoro.

Acara tersebut dihadiri oleh perwakilan ExxonMobil Cepu Limited, perwakilan dari Organsasi Tata Laksana (ORTALA), perwakilan dari Dinas Kominfo Bojonegoro, tim pendamping program dari IDFoS Indonesia dan  warga di wilayah kerja Puskesmas Pungpungan dengan jumlah  keseluruhan 29 orang.

Forum ini bertujuan untuk mencari format antisipasi setiap masalah kesehatan yang ada di masyarakat untuk diselesaikan secara bersama. Sebab, hubungan timbal balik antara penyedia, penyelenggara, dan penerima jasa pelayanan merupakan hal yang sangat penting,

Acara diawali dengan pembukaan, dilanjutkan dengan sambutan dari Kepala Dinas Kesehatan Bojonegoro yang diwakili oleh Dr. Yogi, disambung sambutan dari EMCL Wahyu Sadewo. Kemudian, sambutan dari Tata Laksana (ORTALA) Rida.

Setelah itu sambutan dari Dinas Kominfo yang diwakili oleh Sigit, dan sambutan terakhir oleh Manager Program Mama Asih, Ainun Na’im.

Usai sambutan, acara dilanjutkan dengan pemaparan materi tentang PRO MAMA ASIH dan pembentukan forum oleh Fatonah, selaku pendamping program.

Forum yang diberi nama Forum Mama Asih Peduli Puskesmas Pungpungan atau disingkat FORMA 3P tersebut di ketuai oleh Bakri (Ngringinrejo), Wakil Ketua Warijan (Pungpungan), Sekretaris Yayuk (Pilangsari), Bendahara Sulis (Mojosari) dan anggota yaitu semua yang hadir dalam forum.

Dengan adanya forum ini diharapkan masyarakat dapat memperoleh pelayan yang nyaman, aman dan berkualitas. Karena pada dasarnya masalah kesehatan tidak hanya menjadi masalah puskesmas, dokter maupun yang lain, tapi menjadi masalah bersama masyarakat.

Dengan begitu, masyarakat tidak hanya datang ke puskesmas ketika sakit, namun juga memberi kontribusi terhadap pelayanan yang lebih baik. Sehingga ketika ada masalah kesehatan, ada pihak yang menjembatani, meluruskan atau bahkan menyelesaikan.

Kegiatan PRO MAMA ASIH difasilitasi oleh IDFos Indonesia dan didukung oleh ExxonMobil Cepu Limited (EMCL), Pertamina EP Cepu, Badan Kerjasama Blok Cepu di bawah naungan SKK Migas. (ika/yok)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

IDFoS Indonesia © 2016 Frontier Theme
%d bloggers like this: