Monev Penyusunan SID di Desa Ngujung

BOJONEGORO – Indonesian Society for Social Transformation (INSIST) Yogyakarta yang diwakili oleh Hadi, melakukan kunjungan ke kantor IDFoS Indonesia, Jl. Sersan Mulyono 35 Bojonegoro, Selasa (16/2/2016).

Kunjungan tersebut dalam rangka monitoring dan evaluasi (monev) penyusunan Sistem Informasi Desa (SID) di Desa Ngujung, Kecamatan Temayang. Monev diikuti oleh LSM mitra pendamping tim desa kluster 3. Yakni, Inspektra, Fospora, dan IDFoS Indonesia.

Selain itu, tim desa penyusunan SID Desa Ngujung juga turut hadir pada pertemuan yang dimulai pada pukul 10.00 WIB itu.

Hadi menyampaikan, pelaksanaan monev SID dilakukan sebagai tahapan penyusunan SID untuk mengetahui sejauh mana tahap penyusunan SID di Ngujung. Serta, untuk mengetahui dinamika apa yang dihadapi oleh tim penyusun sejauh ini.

Koordinator LSM Mitra Kluster 3, Alexander Mubarok mengungkapkan, penyusunan SID Ngujung berjalan cukup lancar. Salah satu kemudahan dalam penyusunan SID Ngujung adalah adanya intensitas komunikasi yang baik antara Pemdes Ngujung dan LSM mitra, baik dilakukan secara formal maupun nonformal.

Sementara untuk progres penyusunan SID di Ngujung hingga pertengahan Februari ini telah sampai pada tahapan cleaning data. ”Rencananya tahapan ini akan dilakukan dalam tiga hari ke depan,” ujar pendamping dari INSIST yang memberikan pendampingan kepada tim desa dalam penyusunan SID, Mamad.

Hadi kemudian menambahkan, seharusnya proses pemetaan SID hingga ini sudah harus selesai. Namun, jumlah KK, serta dinamika yang berbeda di setiap desa mempengaruhi lamanya proses pemetaan ini. Namun, itu tidak menjadi masalah.

Selanjutnya, akan dibahas rencana tindak lanjut dari pengembangan SID, yakni penyusunan SOP SID, analisis data dan persiapan launching SID di tingkat desa dan kabupaten,” tambah Hadi. (iwd/yok)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

IDFoS Indonesia © 2016 Frontier Theme
%d bloggers like this: