Membangun Kerja Sama Masyarakat Dan Puskesmas Untuk Mewujudkan Pelayanan Kesehatan Yang Lebih Baik

Suasana pelaksanaan keegiatan pembentukan forum peduli Puskesmas Gayam Bojonegoro

 

BOJONEGORO – Program Maklumat Bersama Pelayanan Bersih (PRO MAMA ASIH) yang difasilitasi oleh Institute Decvelopment of Society (IDFoS Indonesia) saat ini memasuki tahap pembentukan forum, setelah sebelumnya tahap sosialisasi pada pertengahan Februari lalu.

Pada Selasa (14/03/2017), Puskesmas Gayam, Kecamatan Gayam menggelar musyawarah dan pembentukan Forum Masyarakat Peduli Puskesmas. Acara dilaksanakan di Balai Desa Gayam, Kecamatan Gayam, Bojonegoro. Dimulai pada pukul  10.50 WIB – 13.06 WIB.

Dalam acara tersebut turut hadir, Kepala Desa Gayam Winto, Kepala Puskesmas Gayam Arman Fatoni, perwakilan dari Dinas Kesehatan Sutrisno, perwakilan dari Organisasi Tata Laksana (ORTALA) Rida, warga di wilayah kerja Puskesmas Gayam dan tim dari IDFoS Indonesia.

Tujuan kegiatan ini adalah terbentuknya tim yang nantinya perperan penting dalam pelaksanaan maklumat pelayanan, guna mewujudkan pelayanan kesehatan yang baik dan bersih di Kecamatan Gayam.

Acara diawali dengan sambutan Kades Gayam, Winto. Winto berharap program Mama Asih bisa bermanfaat. Untuk itu, dibutuhkan sumbangsih masyarakat untuk membantu pelayanan puskesmas lebih maksimal.

Dilanjutkan sambutan kedua dari Kepala Puskesmas Gayam Arman Fatoni. Dalam sambutannya, dia menyampaikan terimakasih kepada semua pihak yang telah mendukung pelaksanaan program ini.

Arman mengatakan, pihaknya berkomitmen untuk meningkatkan pelayanan, tapi butuh dukungan dari masyarakat Kecamatan Gayam. “Karena kesehatan masalah bersama,” imbuhnya.

Kemudian sambutan dari Dinas Kesehatan, Sutrisno. Dia menyampaikan, forum ini digunakan untuk mensinergikan kebutuhan masyarakat dengan program yang akan dijalankan, apakah program ini dibutuhkan apa tidak.

“Kami punya keinginan di puskesmas tidak berbayar tapi pelayanannya menyenangkan. Dan puskesmas ini menjadi milik bersama antara petugas, masyarakat dan desa,” imbuhnya.

Dilanjutkan sambutan dari ORTALA, Rida. Dia mengharapkan kerja sama dari masyarakat dan puskesmas untuk mewujudkan pelayanan kesehatan yang lebih baik.

Usai sambutan, acara selanjutnya sosialisasi dan pembentukan forum PRO MAMA ASIH oleh Fatonah, selaku pendamping program di Puskesmas Gayam. Dilanjutkan dengan sesi tanya jawab dan diskusi terkait pelayanan kesehatan yang diinginkan oleh masyarakat.

Diskusi dilakukan berlangsung dengan lancar dengan warga yang sangat aktif. Di akhir acara dibentuk pengurus Forum Masyarakat Peduli Puskesmas Gayam.

Dengan komposisi, Ketua Syaifudin (Gayam); Wakil Ketua Ali Rosyad (Ngraho); Sekretaris Dian (Bonorejo); Wakil Sekretaris Samin (Begadon); Bendahara Umi Syarofah (Sudu) dan anggota yaitu semua yang hadir dalam forum.

Kegiatan PRO MAMA ASIH difasilitasi oleh IDFos Indonesia dan didukung oleh ExxonMobil Cepu Limited (EMCL), Pertamina EP Cepu, Badan Kerjasama Blok Cepu di bawah naungan SKK Migas. (ika/yok)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

IDFoS Indonesia © 2016 Frontier Theme
%d bloggers like this: