Masyarakat Cendoro Sepakati Jenis Bangunan Program Patra Daya

sosialisasi-desa-cendoro-tubanTUBAN – IDFoS Indonesia kembali menggelar sosialisasi Program Patra Daya kepada warga Desa Cendoro, Kecamatan Palang, Tuban, pada Jumat (2/11/2016). Sosialisasi dilaksanakan di balai desa Cendoro.  Selain untuk memberikan informasi terkait program, acara juga sebagai forum rembug warga untuk menyepakati jenis bangunan yang akan dibangun melalui program Patra Daya.

Peserta musyawarah yang hadir dapat menyampaikan masukan dan saran terkait usulan bangunan. Dari  beberapa masukan, pada akhirnya disepakati jenis bangunan yang akan dibangun, yakni berupa Tembok Penahan Tanah (TPT).

Adalah Abdul Faqih, salah satu warga Desa Cendoro yang mengusulkan pembangunan TPT. Tepatnya  di dekat Pasar Cendoro. Dalam forum musdes, dia mengungkapkan, saat musim hujan seperti ini air sering masuk ke pasar dan dapat mengganggu warga yang berjualan atau berkunjung ke sosialisasi-desa-cendoro-tubanPasar Desa Cendoro.

“Perlu adanya pembangunan TPT agar saluran air dapat mengalir dengan lancar dan tidak mengganggu perekonomian di pasar,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Desa Cendoro, Yuli Cahyo Utomo mendukung pembangunan TPT tersebut. Karena   dinilai merupakan prioritas program Patra Daya yang diberikan untuk melancarkan roda perekonomian warga Cendoro. Alhasil usulan tersebut juga disepakati oleh semua warga yang menghadiri musyawarah tersebut.

Program Manager Patra Daya, Sunariyo juga berharap program ini dapat bermanfaat untuk warga Desa Cendoro dan sekitanya. Musyawarah desa tersebut juga dirangkai dengan pembentukan Tim Pelaksana Pembangunan (TPP).

Setelah kegiatan sosialisasi, tahapan program dilanjutkan dengan persiapan untuk pembuatan proposal, Rencana Anggaran Biaya (RAB) serta DED (Design Engineering Detail), yang dalam pembuatannya akan didampingi oleh pendamping pemberdayaan masyarakat dan pendamping teknik.

Selain Cendoro, 5 desa lainnya di Kabupaten Tuban yang juga didampingi IDFoS dalam program Patra Daya Tahun 2016 adalah Desa Glodog, Pucangan, Karangagung, Ngimbang, dan Pekuwon. (iwd/yok)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

IDFoS Indonesia © 2016 Frontier Theme
%d bloggers like this: