Lokakarya Mini Lintas Sektor Puskesmas Ponco

 

TUBAN – Sasaran dari pembangunan kesehatan adalah meningkatkan derajat kesehatan melalui peningkatan kualitas dan pemerataan pelayanan kesehatan yang semakin menjangkau seluruh masyarakat.

Dalam mewujudkan hal tersebut, perlu adanya suatu kerjasama yang baik antara Puskesmas dan  lintas sektor, sehingga tercipta saling pengertian dan keterbukaan di antara pihak puskesmas dan masyarakat.

Untuk itu, pada Selasa (14/11/17) lalu, Puskesmas Ponco, Kabupaten Tuban, mengadakan Lokakarya Mini Lintas Sektor Puskesmas setempat. Agendanya terkait evaluasi kinerja Puskesmas dan membahas rencana kerja Puskesmas tiga bulan ke depan.

Acara yang dimulai pada pukul 09.00 WIB itu berjalan dengan lancar dan hangat. Pertemuan yang dilaksanakan tiga bulan sekali tersebut dilaksanakan di ruang pertemuan Puskesmas setempat.

Pertemuan dihadiri oleh Forum Masyarakat Madani Kecamatan Ponco dan lintas sektor Puskesmas Ponco, yang terdiri dari tokoh masyarakat, tokoh agama, dan kepala desa di wilayah Kecamatan Ponco. Hadir juga perwakilan dari Kecamatan Ponco, IDFoS Indonesia, Kapolsek Ponco, dan Koramil Ponco.

Kegiatan tersebut bertujuan mencari masukan-masukan dan memutuskan secara musyawarah mengenai pembagian ruangan bagi pasien rawat inap laki-laki, perempuan, wanita hamil, dan penyakit menular.

”Selain itu juga membahas evaluasi dari program-program Puskesmas Ponco,” ujar Kepala Puskesmas Ponco, Dr. Roikan, Kepala Puskesmas Ponco dalam sambutannya mengawali pertemuan tersebut.

Dalam pertemuan tersebut, dia juga meminta  bantuan kepada lintas sektor, untuk bekerja sama demi kelancaran program yang akan dijalankan selama tiga bulan ke depan. Sekaligus mengucapkan terimakasih kepada lintas sektor yang telah membantu Puskesmas selama proses akreditasi berlangsung.

Dr. Roikan menyampaikan, Pasca akreditasi bukanlah akhir, melainkan awal baru untuk pelayanan yang lebih baik. Sehingga butuh bantuan seluruh pihak untuk menjaga mutu pelayanan puskesmas Ponco.

“Kritik dan saran sangat kami butuhkan, agar tingkat kesehatan yang maksimal di wilayah Puskesmas Ponco bias terwujud”, imbuhnya.

Program-program yang telah dijalankan dalah Deklarasi ODF di desa Sendangrejo, survey keluarga sejahtera dan program perencanaan persalinan dan pencegahan komplikasi.

Sedangkan program-program yang akan dijalankan Puskesmas Ponco antara lain, Ivalink, program untuk menggali kebutuhan masyarakat melalui Survey Masyarakat Desa (SMD) dan Musyawarah Masyarakat Desa (MMD), Sosialisasi DBD (Demam Berdarah), Imunisasi DT TT, pengobatan gratis dalam rangka HKN (Hari Kesehatan Nasional) dan program Jamban Jamaah.

Puskesmas Ponco merupakan satu dari empat puskesmas di Tuban (Soko, Jenu, Kebonsari) yang didampingi oleh IDFoS Indonesia dalam program dalam program peningkatan pelayanan publik menggunakan Citizen Charter atau Maklumat Pelayanan. (ika/yok)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

IDFoS Indonesia © 2016 Frontier Theme
%d bloggers like this: